Cara menghindari phising

 Bagi anda yang senang menggunakan media internet maka perlu untuk berhati – hati. Karena kejahatan itu bisa melalui media online jadi di perlukannya sebuah perhatian khusus. Kejahatan online inilah kerap sering terjadi dan selalu menjadi ancaman bagi masyarakat yang sering menggunakan media internet.
 
Jika hal ini terjadi pada diri anda sendiri pasti akan merugikan. 

Berikut akan saya berikan pengetahuan mengenai:

  1. Bagaimana menghindari Phising
  2. Contoh - contoh web phising

Bagaimana menghindari phising.



Agar tidak terkena phising, kita wajib berhati - hati saat kita meng KLIK tautan/link yang jika diklik kita akan disuruh memasukkan data akun, baik akun google, facebook, instagram dan akun sosmed lainya, karena jika kita memasukkan email dan kata sandi pastinya akun kita akan tersimpan dalam web phising tersebut. 

Phissing itu sendiri adalah sebuah upaya untuk bisa mengetahui username dan katasandi dari seseorang melalui pengelabuan atau yang di sebut dengan penipuan. 

Phising adalah website yang sudah dibuat dengan sebagaimana mestinya agar dapat menipu mata orang awam yang melihatnya. 

Misalnya website itu dibuat untuk tujuan mengambil akun facebook, maka website itu pun dibuat menyerupai halaman Login facebook, dan jika kita orang awam yang tidak tahu apa itu phising? kita pun dengan percaya memasukkan username + password, setelah itu pemilik web phising tersebut akan otomatis tahu data yang telah kita masukkan tadi.

Contoh - contoh web phising yang perlu anda tahu




Biasanya web phising dibuat dengan adanya iming - iming menarik yang bisa membuat seseorang tergiur untuk masuk dalam website tersebut tanpa ragu, seperti misalnya :
  • Auto Follower
  • Auto like
  • Hadiah skin gratis
  • Hadiah pulsa gratis
  • Undian - undian menarik
  • Melihat siapa yang suka ngintip fb kita
  • DLL

Hal itu bagi orang awam yang bermain sosial media pastinya tidak tahu kalau itu adalah jebakan phising. Sebenarnya jika kita memperhatikan dengan teliti mana web asli dan mana yang phising, sebnarnya mudah, sperti contoh :
Alamat link yang terlihat di address bar


Pada bagian address bar browser, anda bisa melihat mana web yang asli dan mana yang phising, dengan cara membandingkan alamat web resmi, seperti misalnya web.facebook.com atau m.facebook.com itu adalah alamat asli, silahkan anda bisa membandingkanya dengan mengunjungi situs web yang resmi di browser anda dan lihat seperti apa alamat url nya.

Maka dari itu anda harus melakukan berbagai pengoreksian yang teliti sebab jikalau tidak maka kita akan mudah terjebak link phising. Sebaiknya gunakan SSl untuk bisa mengaskses info anda dengan menggunakan ptorokol HTTPS. Pengertian apa itu HTTP dan HTTPS akan saya bahas dalam artikel selanjutnya

Itulah beberapa pernyataan mengenai cara menghindari diri dari link phissing dan apa itu phising yang sering terjadi di dunia maya. Semoga dengan membaca artikel ini dapat bertambahnya wawasan anda dalam bermain sosial media.

Jangan lupa ikuti terus update artikel dari Pemalang Otodidak yang akan membahas tips and tricks internet dan teknologi

Bagikan Ke: