Cara Membuat Menu Dropdown Di Google Spreadsheet

Banyak sekali fitur di dalam Spreadsheet ini, dari salah satunya adalah Menu dropdown di dalam sel. Menu Dropdown adalah menu tarik-turun yang mana a

 Apa itu Google Spreadsheet...? 

Google Spreadsheet merupakan jenis layanan dari beberapa Google Document. Dengan Google Spreadsheet, Anda dapat menulis, mengedit, dan berkolaborasi di mana saja anda berada.

Lembar kerja yang mirip dengan Excel ini bisa anda gunakan secara gratis, dan juga dapat dibuat dan diakses secara bersamaan dengan tim kerja atau teman anda secara online. Google juga menyediakan fitur offline pada Spreadsheet ini.

Banyak sekali fitur di dalam Spreadsheet ini, dari salah satunya adalah  Menu dropdown di dalam sel. Menu Dropdown adalah menu tarik-turun yang mana anda akan dapat memilih salah satu di antara pilihan pada dropdown tersebut.

Kalian mau tahu cara membuatnya? Simak lebih lanjut.

Cara Membuat Menu Dropdown di Google Spreadsheet

Langkah - langkah:

  • Pilih Sel yang akan kamu beri menu dropdown


  • Buat Validasi data

  • Ubah Daftar dari rentang menjadi  Daftar item dan masukkan nama item yang dipisahkan dengan tanda koma (,)

  • Klik Simpan


Setelah jadi Maka hasilnya akan seperti ini:


Sebenarnya menu dropdown ini tidak hanya Daftar item saja, ada Nomor, Teks, Angka, Daftar dari rentang, dll. Tergantung mana yang Anda butuhkan.

Demikian Tutorial Cara Membuat Menu Dropdown Di Google Spreadsheet ini semoga dapat bermanfaat bagi Anda, jika ada yang kurang jelas silahkan berkomentar di bawah. 
Terimakasih.

Saya senang menulis, menggambar, dan belajar otodidak.

Posting Komentar

Dilarang spam
© Pemalang Otodidak. All rights reserved. Developed by Jago Desain