Waspada terhadap Ground Virus I am Sorry

 Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya, pengalaman terkena Ground virus I am Sorry di PC Windows dan bagaimana mengatasinya.

windows terserang virus I am Sorry

Dalam sejauh ini saya menggunakan Windows, baru kali ini saya mendapat masalah yang sangat serius, Yaitu PC saya terserang Virus GROUND exe. Jika PC atau Laptop kalian ada tulisan "I am Sorry" di pojok gambar? Waduh berarti kasus kita sama broh... 

Ngomongin soal virus di Windows, memang sudah tidak asing sekali. Sistem Operasi ini sangat rentan terhadap serangan virus/malware apa bila penggunaan nya tidak ber hati-hati, seperti saya ini yang sering install software atau aplikasi crack (bajakan). Namun setelah kejadian seperti ini, saya kapok... nggak mau lagi download Software abal-abal. 

Virus kali ini bukan seperti yang biasa saya temukan di Windows, yang cuma memunculkan pesan-pesan error saja. Jadi mengapa sampai saya buatkan postingan ini? Yaitu karena dampak dari virus ini benar-benar luar biasa gengs, sangat menyebalkan dan sangat merugikan sekali.

Apa itu Virus Ground atau yang kalian sebut Virus I am Sorry?

Virus ground adalah jenis virus yang menyerang file exe dan JPG. Salah satu ciri utama jika komputer terinfeksi virus ini adalah: Di pojok gambar ada tulisan i am Sorry !!!!
Virus ini terdapat jika Anda menginstall Software ilegal yang tidak original atau berasal dari situs tidak terpercaya. Virus di Windows ini sangat berbahaya dan merugikan, (Malwarebytes) mendeteksi ground.exe ini adalah jenis trojan. 

Apa saja dampak jika PC/Laptop terkena Virus ini? Yuk baca lebih lanjut.

Dampak dari virus ground (virus I am Sorry)

1. Membuat Salinan dan Menghidden file exe

Virus ini dapat membuat salinan file exe palsu dan mengihidden file exe yang aslinya, jadi saya hanya bisa melihat file yang palsu yang semuanya berukuran 521kb-522kb. Namun, ada cara dimana agar kita bisa melihat file exe yang aslinya.
Seperti inilah cara melihat file aslinya:
  • Buka File Explorer.
  • Kemudian pada bagian pojok kiri atas > klik menu "File"
  • Lalu klik Change folder and search options.
  • Pada bagian Search options, klik View.
    view
  • Hilangkan centang [✓] pada Hide protected operating system files.
Setelah saya hilangkan centang pada Hide protected operating system files? Di situlah muncul semua file-file saya yang aslinya. Namun, yang membuat saya terkejut disitu adalah: 
Semua file exe atau file installasi berubah namanya dengan awalan huruf (g) kecil.
  1.  gWinRAR.exe
  2.  gCoreldraw.exe
  3.  gPhotoshop.exe 
  4.  dan lainnya.
Harusnya awal kalimat itu diawali dengan huruf kapital, ko malah g kecil gimana sih. 😆

2. Membuat Watermark "I am Sorry !!!" Di pojok gambar

Tidak hanya pada file exe saja yang berubah akibat virus ground ini, gambar pun berubah!. Pada saat saya mebuka semua gambar, itu ada tulisan "I am Sorry !!!" di pojok kiri bawah gambar, hmm bagaimana merubahnya lagi coba kalo udah begini, masa iya mau di crop 1 per 1.

Pertama kali saya baru sadar saat salah satu gambar saya jadikan wallpaper, karna memang tulisannya agak kecil dan berada di pojok gambar, jadi tulisan I am Sorry ini tidak begitu terlihat kalau saya tidak buka gambar full view.

Semua dari gambar saya baik itu JPG atau PNG terdapat tulisan "I am Sorry !!!".

3. CPU Usage Tidak Stabil

Yang lainya dari dampak virus ground ini adalah menyerang CPU Usage.
Ini jelas merepotkan sekali untuk aktifitas saya di komputer, pasalnya CPU Usage ini bisa mentok sampai 100%. Waduhh.

Pastinya sangat lambat sekali untuk bekerja, terlebih jika komputer terkoneksi ke internet, itu benar-benar sangat terasa sekali lambatnya. Mungkin ini terjadi karna proses virus groun ini sedang bekerja.

Saya mencoba untuk mengakhiri sesi pada proses berjalannya virus Ground ini di (Windows Task Manager), namun apa yang terjadi? ternyata virus ini otomatis dengan sendirinya berjalan lagi seperti tidak mau dihentikan.

Kemudian saya coba lagi dengan menonaktifkan (Start-up) di (msconfig), karna si ground ini berjalan otomatis saat startup atau saat komputer dihidupkan ulang. 
Namun apa lagi yang terjadi? Ternyata virus ground ini bisa muncul 1 lagi di Startup item.

4. KOMPUTER GAGAL BOOTING

Bahaya yang terakhir yaitu komputer yang terserang ground.exe ini bisa menyebabkan gagal booting atau tidak mau nyala.

Pasalnya virus ini memakan daya CPU terlalu tinggi, sehingga mengakibatkan Processor Overheat, jika processor Overheat maka dampaknya komputer sering gagal booting saat dihidupkan ulang. Terkadang indikator di CPU menyala namun Monitor tidak mau menampilkan apa-apa. Sungguh sangat mengerikan virus ground ini.

Bagaimana solusi/Cara Penanganan Jika Windows Terkena Virus Ground exe?

Untuk cara mengatasi atau menangani ini saya tidak mau membuat Anda pusing, karena jika virus ground di Windows ini sudah menjalar luas, maka untuk menanganinya juga makin susah. 
Saya sudah mencoba menggunakan beberapa software Antivirus, tetapi nggak berhasil!.
Lalu bagaimana caranya?
  • Cara paling Ampuh yaitu INSTALL ULANG WINDOWS.
  • Jangan Backup File exe/memindahkan File exe dari PC tersebut ke PC lain,
  • Kecuali di dalam kompresi seperti Rar, zip, dan lainnya.
  • Anda boleh memindahkan data penting seperti Dokumen, Musik, Video, Foto, karena ini yang aman.
Tip: Jika mau lebih aman, Gunakan Windows 8.1 atau Windows 10, karena dalam Sistem Operasi tersebut sudah ada keamanan langsung dari Windowsnya (Windows Defender) yang sangat ketat.

Demikian Pengalaman dan Penanganan terkena virus ground.exe yang sudah saya tulis ini, semoga mengingatkan kalian akan pentingnya menjaga keamanan komputer windows kalian, terutama bagi pengguna yang masih setia dengan windows 7, yang kini sudah tidak mendapatkan update fitur keamanan lagi.

Bagikan Ke: