Alat Untuk Mengganti Lubang Charger Android

Apakah Anda mau mengganti konektor / lubang charger di Android? Pastinya Anda harus tahu dulu apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan.

Kebanyakan socket cas atau konektor pada Android menempel pada papan PCB, sehingga membutuhkan alat khusus untuk melepasnya.

Nah. Persiapan apa saja sih yang dibutuhkan untuk mengganti konektor charger? Dengan tulisan ini dibuat, berharap bisa menjawab pertanyaan Anda.

Perlengkapan Alat untuk mengganti lubang Charger Android

Berikut yang perlu Anda siapkan untuk melepas, mengganti konektor charger Android.

1. SOLDER UAP / Blower

Gambar Solder uap atau blower

Solder uap atau biasa teknisi menyebutnya BLOWER, yaitu alat yang mengeluarkan udara panas bersuhu tinggi. Hembusan angin panas yang dikeluarkan dari solder uap ini bisa mencapai 200 hingga 400°C yang mana akan mampu melelehkan timah dan mengangkat komponen di dalam perangkat elektronik. Alat ini sangat dibutuhkan untuk melepas dan memasang konektor charger smartphone.

2. SOLDER LISTRIK

Gambar solder

Solder listrik biasa ini seringkali dibutuhkan seorang teknisi untuk berbagai keperluan termasuk untuk mengganti konektor charger HP yang rusak. Meski sudah ada BLOWER, tetapi solder listrik biasa ini juga berperan penting pada waktu mengganti konektor charger. Dengan ujung yang runcing dan panas, solder listrik ini mudah digunakan pada celah-celah yang kecil.

3. TENOL (TIMAH)

Timah gulung/ tenol

Timah gulung atau sering teknisi menyebutnya TENOL. Fungsinya untuk merekatkan kembali konektor yang baru digantikan. Kualitasnya sendiri bergantung dengan harga tenol yang anda beli. Tenol yang mahal biasanya sudah mengandung FLUX, dan kekuatan timah nya sendiri juga lebih bagus dan tahan lama ketimbang tenol yang harganya murah.

4. FLUX (PASTA SOLDER)

Flux pasta solder

Flux atau pasta solder ini berfungsi sebagai perekat antara timah dengan kaki komponen atau jenis kuningan yang terdapat pada papan PCB (printed circuit board) agar hasil pemasangan komponen merekat sempurna. Jadi jika anda hendak mengganti konektor charger, diharuskan melumasi terlebih dahulu bagian yang akan di solder dengan FLUX ini. 

Nah, itulah Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mengganti konektor atau lubang charger smartphone Android.
Semoga bermanfaat. 


Saya senang menulis, menggambar, dan belajar otodidak.

Posting Komentar

Dilarang spam
© Pemalang Otodidak. All rights reserved. Developed by Jago Desain