Apakah Judul Blog harus sama dengan Alamat Blog?

nama-blog-boleh-berbeda-dengan-alamat-blog


Sewaktu kita memulai membuat blog, tentu langkah awal yang kita lakukan adalah membuat Judul/Nama Blog dan Alamat Blog (URL Blog).

Pertanyaan Anda:

Apakah Nama Blog dan Alamat Blog harus sama?

Tidak, Nama blog atau judul boleh berbeda dari alamatnya atau urlnya, tidak harus sama.

Kenapa banyak situs dan blog memiliki nama dan url domain yang sama? 
Memang pada umumnya banyak orang memilih nama dan alamat blog itu disamakan, tetapi sebenarnya itu hanya supaya mudah di kenal saja, bukan suatu aturan dari Google.  

Ada diantara orang yang justru memilih nama/judul blog dan url blog itu berbeda, seperti milik saya saat ini misalnya. Nama/Judul Blog saya “Pemalang Otodidak”, tetapi Url domain “lutfisyafii.com”

Apakah itu bermasalah?

Tidak!, Google sendiri pun tidak melarangnya. Buktinya saya sendiri sampai di terima adsense juga tidak ada teguran mengenai nama blog dan url domain yang berbeda.

Pada dasarnya (Nama blog & Alamat Url) keduanya itu hanyalah identitas, yang fungsinya supaya orang lain mudah mengingat blog anda dan memahami apa topik blog yang anda punya.

Jadi jika anda ingin membuat nama blog berbeda dengan alamat blog, itu tidak salah. Hanya Saja; Alamat blog yang berbeda dengan nama blog itu saya rasa memang kurang SEO friendly, pasalnya orang harus mengingat keduanya (JUDUL BLOG & ALAMAT). 

Berbeda dengan blog yang menggunakan satu nama saja. Misalnya: "BLOG ANDA" www.bloganda.com, itu lebih memudahkan orang lain untuk mengingat blog anda karena nama yang sama antara Nama Blog dan Url Blog.


Berikut ini akan saya perjelaskan lagi supaya lebih jelas.

Pengertian Judul Blog dan Alamat Blog

Nama/judul Blog:

  • Nama Blog adalah sebuah nama yang dijadikan salah satu identitas utama bagi seorang blogger, semisal nama blog itu "EditBlogTema" Maka sudah dipastikan blog tersebut banyak membahas Tutorial Blogging.
  • Namun meskipun anda dibebaskan untuk memilih nama blog, saya sarankan janganlah sembarangan dalam memilih nama blog. Anda harus menyesuaikan apa yang akan dibahasnya blog anda nanti, agar mudah diingat dan dipahami, (menyesuaikan Topik).

Alamat Blog (URL Blog):

  • Url blog atau alamat blog juga menjadi salah satu identitas pada suatu blog, akan tetapi sebenarnya fungsi dari url blog ini adalah Alamat untuk mengakses seluruh isi di dalam blog. Contoh www.lutfisyafii.com, jika anda masuk dengan mengetik pada Adress bar browser maka akan menuju ke blog saya ini. 
  • Alamat blog tidak bisa dibuat sama dengan alamat blog lain yang sudah ada, jadi ketika anda tidak bisa membuat alamat blog sesuai dengan yang anda inginkan, dengan peringatan (Alamat tidak tersedia), itu mungkin karena sudah digunakan oleh orang lain.

Demikianlah penjelasan yang dapat saya ulas untuk anda tentang “Apakah alamat blog harus sama dengan nama blog?”.