Pengalaman Saat Berada Di titik Terendah

gambar seorang wanita sendirian di jalan

Saat kita sedang kesusahan, saat kita sedang berada di titik terendah, jangankan teman mau peduli, iblis saja rasanya enggan bersahabat dengan kita.

Memang hidup ini tidak selalu indah dan bahagia saja. Setiap kehidupan ada kalanya kita terjatuh, merangkak, menangis, menjerit, yang membuatnya sulit untuk kita menjalani kehidupan ini. 

Pengalaman Saat Berada Di titik Terendah

Jadi beberapa tahun lalu, itu saya juga merasa hidup susah, merasa hidup ini sudah tidak berguna samasekali. Nganggur tidak punya pekerjaan, seperti tak ada orang yang mau mempekerjakan saya dan membayar saya waktu itu, stres karena nggak punya pegangan.

Di sini saya ngomong nggak punya itu bukan punya uang tapi sedikit, tapi asli benar-benar tidak ada sepeserpun.   Sampai jual charger, headset, apapun yang saya punya saya jual di forum jual beli.

gambar charger

Hp android saja saya tak punya waktu itu, hanya Nokia N97 yang saya miliki.
gambar nokia jadul N79

Sebagai anak muda, tentunya saya ingin merasakan kebahagian seperti anak muda lainnya. Tapi ya bagaimana lagi, untuk membeli bensin saja nggak bisa waktu itu.

Nyari info loker sana sini juga nggak ada yang respon, ya pasalnya saya bukan anak yang berpendidikan yang punya ijazah tinggi. Saya cuma lulusan SD bisa apa, paling bisa dagang, kuli bangunan, dll. itupun saya kerjakan jika memang ada.

Sempat waktu itu saya membuat postingan di facebook saya.

berikan aku pekerjaan pasti kuangkat engkau menjadi manusia setengah dewa
16 Nov 2017

"berikan aku pekerjaan, pasti ku angkat engkau menjadi manusia setengah dewa". Cuplikan kata dari lagu Iwan fals - Manusia setengah dewa.
Karena memang waktu itu saya benar-benar butuh pekerjaan. Tapi lihat, tidak ada yang peduli, cuman dua orang saja yang ninggalin jempol, satunya aku sendiri. 

Setiap malam saya berdo'a meminta agar di jadikanlah saya ini orang yang berguna bagi banyak orang, saya nggak diam saja, setiap hari saya terus berusaha mencari apa keahlian saya, apa yang saya bisa. 
 Melukis, menggambar, 
Lukisan pensil

Apapun yang intinya terkait dengan kesenian, karena memang hobi saya adalah seni. Internet dan Teknologi pun tak ketinggalan, saya pelajari servis Software dan Hardware Android.

Singkat cerita, saya berkenalan sama orang di facebook, belum pernah ketemu sama sekali, dia mengajak saya bisnis di media internet, awalnya saya dijadikan seorang pengiklan, tugas saya promosikan produk di facebook. Saya di percaya seperti keluarganya sendiri, apapun kebutuhan saya untuk belajar, dia mau memberikan apresiasi, hingga sampai saat ini saya masih di percaya oleh orang tersebut. 

Membuat konten iklan, mengedit, mempromosikan hingga menjualnya itulah pekerjaan saya. Tak kehujanan dan tak kepanasan, dirumah saja bisa mengalir.

gambar komputer

“Maha suci Allah, aku memujimu”.

Ternyata do'a ku tidak kau abaikan, hanya engkaulah satu satunya yang maha peduli. Sekarang saya yakin bahwa apapun tidak ada yang tidak mungkin jika Allah menghendaki. Asal kita semangat, terus bersyukur, tidak mudah mengeluh dan putus asa. 

Tabah Bertahan Pasti Sampai Tujuan

Ujian dan cobaan hidup merupakan ketetapan Allah atau hukum Allah yang kita tidak bisa menawarnya, setiap manusia pada suatu waktu akan mengalami berbagai kesusahan dan penderitaan dalam hidupnya.

Seperti yang telah difirmankan dalam al-qur'an :
“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan” (QS Al-Anbiya: 35)
Sepahit minum jamu atau semanis minum madu, hidup yang sudah digariskan oleh-Nya tetaplah menjadi sebuah perjalanan yang harus kita tempuh tanpa bisa kita menawarnya.

Apakah kamu memilih berjuang sendiri?, atau berharap ingin dibantu orang lain?. Setiap orang pasti beragam. 

Yang jelas kita tidak boleh selalu berharap kepada orang - orang di sekitar kita, bahwa mereka akan menolong kita. Karena sebenarnya, semua masalah dan coba'an yang tuhan berikan kepada kita, ya hanya kepadanya-lah kita meminta pertolongan, dan kepadanyalah kita kembali.

Saat kamu merasa tidak ada yang peduli?
Allah menjawab:

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Mintalah kepadaku, niscaya aku kabulkan untukmu. (QS. Al-Mukmin : 60)

Ketika kita meminta sesuatu kepadanya, memang tidak selalu akan langsung diberi, entah itu kapan terkabulnya, bisa bulan depan atau tahun depan juga bisa. Asal kita tetap yakin dan terus berusaha. Apa saja yang di katakan Allah dalam Al-Qur'an itu benar, dan semua persoalan hidup yang sering kita keluhkan pasti ada jalan keluarnya. 

Bagiku hidup adalah jembatan yang dibangun oleh Allah yang bisa kita warani seindah mungkin oleh kita sendiri. Memang tak semudah mewarnai gambar di dinding atau di atas kertas, namun Allah sudah menganugrahkan kesempurnaan akal untuk kita berpikir.

Selalu bersyukur atas kehidupan yang Tuhan berikan untuk kita itulah salah satu upaya menciptakan keindahan dalam hidup kita.