PC kentang untuk Design dan Editing

 


Artikel ini saya buat untuk refrensi Anda Pengguna PC Kentang yang ingin install Software design grafis atau Editing, agar tetap berkarya meski keterbatasan dana.

Anda jangan khawatir tidak bisa berkarya hanya karena memiliki PC kentang. Perlu anda tahu, bahwa saya sendiri juga saat ini pengguna PC kentang yang ketinggalan jaman, namun tidak membuatnya saya berhenti berkarya.

Memang tidak dipungkiri kalau sekarang ini perkembangan spesifikasi Desktop makin menggila, yang membuat User kentang seperti saya jadi melemah. Developer Software pun tidak mau ketinggalan, seperti "Adobe" misalnya, yang paling banyak di gunakan oleh para Designer grafis, ia terus mengembangkan Software-nya untuk mengikuti spesifikasi Maksimum. 

Hal itu bagus, tidak jadi soal, jika ada uang dikantong kita. Namun, bagi yang tidak mampu membelinya, Anda bisa kok menggunakan pc kentang untuk editing, berikit ini saya tunjukkan Spesifikasi PC kentang milik saya, yang selama ini saya gunakan untuk editing dan design grafis.

Spek PC kentang untuk Design dengan Processor kere hore


(My-pc)
Berikut ini Spesifikasi selengkapnya:

Processor Intel Core 2 Duo E8500 3.16gHz
Ram 4 GB DDR2
HDD 320gb
VGA AMD HD 7000 series 1GB DDR3

Software Design / Editing yang saya gunakan adalah:
  • Adobe Photoshop CS6
  • Adobe Premier Pro CC2015
  • Blender
  • Adobe Ilustrator cc2015
Kenapa kok bisa ngangkat? Sebabnya semua tergantung penggunaan atau kebutuhan editing kita. Di sini saya menggunakan Premier pro juga hanya untuk edit kelas ringan saja, tidak untuk yang berat - berat, yang saya maksud editing kelas ringan adalah seperti misalnya pada Premier pro:
  • Menambah effek Audio
  • Menambahkan Subtittle
  • Menambah Watermark
  • Memotong durasi
  • Croping dll.
Jika pada Software Photoshop CS6, saya rasa dengan spek pc seperti di atas itu sudah cukup untuk editing gambar, karena selama ini saya menggunakannya samasekali tidak merasakan Lag ataupun berat, meski menggunakan fitur 3D untuk design 3 Dimensi, dan fitur - fitur lainnya.

3D Mockup

Oh ya, Kenapa pada gambar sampul di atas artikel ada Google Chrome? Jadi begini, memang Google Chrome itu hanya Aplikasi / Software Browser, namun jangan remehkan itu, ketika saya sedang mengedit?, entah itu pada Premier ataupun Photoshop, lalu saya membuka browser Chrome, otomatis PC saya akan langsung Lag tidak karuan :v, malah terkadang bisa Auto Shutdown karena mungkin Processor terlalu Panas. Ya begitulah, padahal kan waktu sedang pengerjaan Editing, kita pasti butuh refrensi dengan mencari apapun di google melalui browser Chrome ini. Tapi sangat di sayangkan PC tidak kuat untuk Multitasking.

Penutup.

Jika anda memiliki dana yang lebih, sebaiknya rakit PC dengan spesifikasi yang lebih tinggi, minimal tidak seperti saya ini, tetapi apabila anda hanya bisa mengandalkan apa yang anda punya, silahkan Install saja Software editing versi lawas, seperti; Adobe Premier Pro CC2015 ke bawah, Photoshop CS6 atau di bawahnya. Itu akan membantu kebutuhan anda untuk Editing kelas ringan.

Rekomendasi dari saya, usahakan VGA Card atau Kartu Grafis yang di utamakan, Ke dua adalah SSD, jika anda masih menggunakan HDD? Sebaiknya anda Upgrade ke SSD, karena perubahannya sangat Signifikan setelah menggunakan SSD, (menurut para user). Namun karena harganya yang jauh lebih mahal dibanding HDD, saya sendiri pun belum mampu membelinya. hehe.

Jadi itulah tips dari saya, semoga anda  tetap bisa berkarya dengan PC kentang yang anda miliki.