Mengatasi LCD Monitor bergaris - garis karena Artifak

Berbagi tutorial sekaligus pengalaman mengatasi LCD monitor bergaris - garis.

Lcd monitor PC bergaris - garis seperti ini sering terjadi kerusakan ada pada hardware komputer, bukan dari system. 

Namun, Anda juga perlu cek terlebih dahulu hardware yang mana yang rusak. Untuk memastikan apa yang harus diganti.

Penyebab Monitor PC/LAPTOP Bergaris Garis

Kerusakan LCD seperti ini biasanya ada beberapa faktor, diantaranya yaitu:

1. RAM Rusak

Seperti pada pengalaman saya, saya hanya mengganti Ram saja, karena memang Ram-nya yang rusak. Untuk itu, saya berikan langkah utama buat anda untuk cek Ram terlebih dahulu. 

  • Anda bisa coba untuk membersihkan Ram terlebih dahulu, gunakan penghapus karet dan gosokkan pada bagian Kuningannya. Supaya debu bisa terangkat hingga bersih.
  • Jika anda masih belum yakin? Coba pindahkan RAM PC Anda ke PC lain, atau jika ada 2 Slot RAM, gunakan salah satu saja. Jika Anda punya 2 Keping RAM, pasang ke dua ram dengan cara bergantian pada 1 Slot, itulah cara memastikan apakah RAM anda Normal atau Tidak.

Tetapi ada beberapa kasus LCD monitor bergaris - garis seperti gambar di atas, yang disebabkan karena VGA Artifak / Artefak.

2. VGA Artifak

Kerusakan ini adalah kerusakan VGA, yang tidak lain yaitu masalah tampilan LCD Error pada layar monitor, meskipun VGA anda Artifak seperti ini, monitor anda masih tetap bisa nyala, namun pada tampilan monitor biasanya muncul beberapa masalah seperti ini:

  • Gambar seperti terlihat Abstrak dan berantakan tidak beraturan.
  • Gambar seperti arsiran yang tidak jelas.
  • Bergaris - garis Vertikal ataupun Horizontal.
Jika masalah LCD monitor bergaris - garis karena VGA anda Artifak, sebaiknya bawa VGA Card Anda ke tempat servis VGA. Jika tidak bisa diperbaiki, silahkan beli VGA card baru dan pastinya yang ORIGINAL. Karena VGA Card yang KW hanya terlihat gahar tampilannya saja, namun kualitasnya sangat mengecewakan. 

Sebenarnya masalah VGA Artifak seperti ini masih bisa di perbaiki dan bisa juga tidak, saya memang tidak tahu pasti, sabaiknya anda coba bersihkan dulu bagian kuningannya, menggunakan penghapus pensil, kemudian coba bersihkan juga Port VGA Cardnya, menggunakan sikat gigi atau kuas. Supaya bersih dari debu yang menempel.

Itulah cara mengatasi LCD Monitor Gambar Bergaris - garis.

Bagikan Ke: