Mengatasi Artikel Sudah Lama Tidak Diindeks di Search Console

 Selamat datang di blog Pemalang Otodidak.
Kali ini saya akan membagikan sebuah tips dan tutorial seputar Search Console, yaitu mengatasi masalah artikel yang sudah lama tidak diindeks.

Bukti artikel yang tidak diindeks di Google ini bisa kita ketahui melalui fitur inspeksi URL yang ada di Google search console, jika laporan yang dihasilkan adalah "Ditemukan - saat ini tidak diindeks", maka sudah dipastikan URL yang diperiksa tidak ada di indeks Google.

Masalah Ditemukan - saat ini tidak diindeks mungkin sering kali terjadi pada URL yang baru-baru ini Anda kirim atau periksa. Hal itu sudah wajar karena google mungkin butuh waktu untuk meng Crawl halaman yang baru saja dikirimkan, biasanya akan memakan waktu hitungan Hari, hingga Minggu, untuk menjadikan status halaman telah diindeks.

Namun apa yang salah jika halaman Ditemukan - saat ini tidak diindeks itu berlanjut lama hingga berbulan-bulan?

 Di Blog milik saya ini juga pernah mengalami seperti itu, sebulan dua bulan laporannya masih selalu "Ditemukan - saat ini tidak diindeks", rasanya hampir frustasi karena sudah capek-capek menulis tetapi tidak diindeks oleh google. Wajar karena dulu masih awal mula belajar ngeblog, belajar nulis, jadi masih banyak yang salah.

Jika Anda mengalami kasus yang sama seperti ini, jangan frustasi dulu. Anda bisa memperbaikinya.

Mengatasi Artikel Sudah Lama Tidak Diindeks di Search Console

Dalam beberapa kasus, ada beberapa penyebab umum yang membuat halaman tidak diindeks oleh Google.

Diantaranya yaitu:
1. Halaman memang belum di crawl oleh Google karena Google kesulitan untuk menemukan halaman tersebut.

Perlu di ketahui, bahwa google mengcrawl dari url satu ke url lainnya (Berkelanjutan).
Untuk membantu google mengcrawl blog secara berkelanjutan, pastikan beranda blog Anda berisi menu navigasi yang menaut ke semua halaman/artikel yang ada di blog Anda. Itu lebih membantu pengunjung (termasuk Google) agar tidak kesulitan dalam menjelajahi blog Anda.

2. Halaman Anda tidak memiliki value untuk Users.

Jadi Prinsipnya seperti ini kawan, apakah Anda sendiri merasa nyaman membaca apa yang sudah Anda tulis dan bagikan di blog Anda? atau Apakah ini membantu users saya? Akankah users saya paham dengan apa yang saya jelaskan?

Berikut ini rekomendasi yang dapat Anda lakukan agar pengguna (dan Google) dapat mudah memahami artikel Anda:

  • Ubahlah judul artikel Anda agar menjadi lebih memiliki nilai untuk users (dan google).
  • Hal lain juga dapat membantu users (dan Google) seperti menggunakan prinsip 5W1H agar lebih mendeskripsikan halaman artikel tersebut secara jelas, seperti (Apa, Siapa, Kapan, Mengapa, Di mana, dan Bagaimana).
  • Utamakan penjelasan dengan menggunakan Teks daripada Gambar, Googlebot mungkin dapat memahami gambar di blog Anda, tetapi tak sebaik memahami Teks.
Jika semua upaya di atas sudah anda lakukan, silahkan Submit ulang URL di Search Console menggunakan fitur Inspeksi Url.

Jika tak kunjung berhasil, silahkan kirimkan masalah Anda ke forum Google Webmaster Community, atau Anda juga dapat mempelajari selengkapnya Panduan SEO di pusat Google penelusuran.

Demikian yang dapat saya bagikan semoga membantu.
"Terima kasih".


Bagikan Ke: