Cara CTRL F Di Android

Berikut akan saya bagikan Tutorial untuk Android agar bisa memunculkan kolom Search atau Pencarian untuk mencari kode tertentu pada edit HTML Blogger.

 Jika di PC kita pasti tahu karena keyboard PC sudah dilengkapi dengan CTRL dan segala macam, lalu, bagaimana jika menggunakan Android? Berikut akan saya bagikan Tutorial untuk Android agar bisa memunculkan kolom Search atau Pencarian untuk mencari kode tertentu pada edit HTML Blogger.

CTRL + F di Android

Ketika kita sudah mulai suka mengedit-edit template blogger, tentu lebih sering berurusan dengan Kode atau Script yang ada di dalam edit HTML blogger. Di sana itu ibarat hutan rimba kode yang isinya ribuan kode, diantaranya adalah HTML dan CSS juga Java script. Hal itu membuat kita sulit untuk mencari dan mengedit kode tertentu yang kita inginkan. Kalau kita hanya mengandalkan pencarian manual untuk mencari kode tertentu, itu sangat sulit dan merepotkan, terutama pengguna Android.

Di keyboard Android standar nya memang tidak dilengkapi dengan CTRL seperti di keyboard PC/Laptop, yang membuat kita tidak bisa memunculkan kolom pencarian kode, karena kolom pencarian kode tersebut bisa muncul jika kita menekan tombol CTRL dan F secara bersamaan pada keyboard. 

Namun kalian pengguna Android tidak perlu khawatir, karena di sini akan saya berikan solusinya agar bisa CTRL + F untuk mencari kode di html blog.

Cara CTRL + F di HTML Blog Menggunakan Android

  • Unduh dan install aplikasi "Hacker Keyboard" yang ada di Google Play Store.
    • Hacker keyboard adalah Aplikasi keyboard untuk Android yang canggih seperti layaknya keyboard PC/Laptop, dilengkapi tombol CTRL, Alt, Fn dan lainnya. Cocok sekali bagi kita yang suka edit script kode di blog dengan menggunakan perangkat mobile Android.

      Capture: Hacker keyboard

    • Aplikasi tersebut tentunya Gratis dan hanya berukuran sekitar 3MB saja.
  • Jika sudah diunduh dan install, buka Pengaturan Android kalian.
  • Pilih opsi "Bahasa dan Masukan", lalu pada "Keyboard & metode masukan", pilih metode masukan (Hacker keyboard) yang baru saja kalian install.
  • Jika sudah, silahkan kalian coba dulu gunakan untuk mengetik agar melihat betapa keren tampilan nya.
  • Buka edit HTML blogger dan kalian coba disana untuk mencari kode tertentu dengan Menekan CTRL + F secara bersamaan.
Seperti inilah contoh penampakannya:
Ctr+F di Android

Dengan cara demikian, sekarang kita bisa mengedit HTML secara mudah dan cepat di Android, karena bisa langsung mencari kode tertentu yang akan kita edit. Misalnya kita mau mencari kode </head> maka kita tinggal tekan saja CTRL + F di keyboard, nanti akan muncul kolom search di pojok kiri atas. Setelah itu ketikkan </head> pada kolom search dan tekan Enter, maka otomatis akan mencari kode </head> yang kita cari.

Demikian tutorial yang saya bagikan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Happy blogging!
Saya senang menulis, menggambar, dan belajar otodidak.

Posting Komentar

Dilarang spam
© Pemalang Otodidak. All rights reserved. Developed by Jago Desain