Kipas angin macet tapi mesin nyala? Begini cara mengatasinya

Kebetulan saya baru saja menangani masalah ini pada kipas angin milik saya sendiri. Saya punya kipas angin yang ketika dinyalakan tidak mau berputar

Anda punya kipas angin macet tidak berputar? Coba servis sendiri dengan tutorial simpel yang akan saya bagikan pada artikel ini.

Kebetulan saya baru saja menangani masalah ini pada kipas angin milik saya sendiri. Saya punya kipas angin duduk yang ketika dinyalakan ia tidak mau berputar, tapi mesin masih terdengar bunyi dengung, artinya mesin masih nyala.

Penyebab Kipas macet tapi mesin nyala

Masalah umum yang sering terjadi bila kipas angin macet atau baling-baling tidak berputar, tetapi mesin masih nyala dan masih berdengung? Disebabkan oleh beberapa kasus berikut:

  1. Bearing kipas sudah aus (Terkikis) karena penggunaan yang sudah cukup lama, akibat dari hal ini Bearing dan As kipas tidak berada di posisi tengah-tengah/tidak senter.
  2. As tersangkut benda lain yang mungkin menyebabkan macet, biasanya gundelan rambut yang nyangkut, dan benda ringan lainnya yang mudah terbang dan masuk ke dalam mesin kipas.
  3. Kurang perawatan.

Seperti yang sering saya lakukan ketika menyervis barang elektronik lainnya, saya mengerjakan dari yang paling mudah atau sepele terlebih dahulu. Karena, terkadang masalah yang terlihat besar itu bisa di atasi dengan cara kecil atau sepele, oleh karena itu, mari kita lakukan caranya di bawah ini:

Cara mengatasi kipas angin macet tetapi mesin nyala

  • Langkah 1: Memastikan apakah bearing dan as kipas berada di posisi tengah atau tidak? Kalian bisa memulai dengan Melepas baling-baling kipas angin, kemudian menggoyangkan as ke atas dan ke bawah atau ke kanan dan ke kiri. Bila bisa digoyangkan berarti memang bearing sudah aus.
  • Langkah 2: Memastikan apakah di dalamnya bersih tidak ada benda yang nyangkut? Bila di temukan ada benda nyangkut, kalian cukup bersihkan saja.
  • Langkah 3: Jika as bergoyang/kendor, kalian bisa menggantikan dengan membeli bossing/bearing yang baru, harganya murah mulai 2000an dan banyak di jual di online marketplace.

    Bossing bearing kipas angin

  • Langkah 4: Jika As macet dan diputar memakai tangan kok berat, berikan saja sedikit pelumas menggunakan oli atau minyak, setelah itu diputar-putar pakai tangan sampai terasa halus putarannya.
  • SELESAI.
Kesimpulannya: Posisi As dan Bearing kipas harus berada di tengah-tengah (Center) tidak ke atas/ke bawah, bila tidak? Maka kipas tidak akan berputar hanya berbunyi dengung. Hal ini dikarenakan besi di tengah menempel magnet. Setelah diganti bearing, maka kipas dijamin berputar normal lagi.


Kipas Angin Berputar

Mungkin sampai di sini kalian sudah paham ya, bagaimana mengatasi kipas angin yang tidak berputar. Demikian tutorial yang dapat saya bagikan semoga berguna dan membantu kalian semua.

Selamat mencoba. 😊

Saya senang menulis, menggambar, dan belajar otodidak.

Posting Komentar

Dilarang spam
© Pemalang Otodidak. All rights reserved. Developed by Jago Desain