Kipas angin Macet tapi mesin nyala? Begini Cara mengatasinya

Anda punya kipas angin macet tidak berputar? Coba servis sendiri dengan tutorial simpel yang akan saya bagikan pada artikel ini.

Kebetulan saya baru saja menangani masalah ini pada kipas angin milik saya sendiri. Saya punya kipas angin duduk yang ketika dinyalakan ia tidak mau berputar, tapi mesin masih terdengar bunyi dengung, artinya mesin masih nyala.

Penyebab Kipas macet tapi mesin nyala

Masalah umum yang sering terjadi bila kipas angin macet atau baling-baling tidak berputar, tetapi mesin masih nyala dan masih berdengung? Disebabkan oleh beberapa kasus berikut:

  1. As kipas sudah aus (Terkikis) karena penggunaan yang sudah cukup lama, akibat dari hal ini Bearing dan As kipas tidak berada di posisi tengah-tengah.
  2. Bearing tersangkut benda lain yang mungkin menyebabkan macet, biasanya gundelan rambut yang nyangkut, dan benda ringan lainnya yang mudah terbang dan masuk ke dalam mesin kipas.
  3. Kurang perawatan.

Seperti yang sering saya lakukan ketika menyervis barang elektronik lainnya, saya mengerjakan dari yang paling mudah atau sepele terlebih dahulu. Karena, terkadang masalah yang terlihat besar itu bisa di atasi dengan cara kecil atau sepele. Oleh karena itu, mari kita lakukan caranya di bawah ini:

Cara mengatasi Kipas Angin macet tetapi Mesin nyala:

  • Langkah 1: Memastikan apakah Bearing dan As kipas berada di posisi tengah atau tidak? Kalian bisa memulai dengan Melepas baling-baling kipas angin, kemudian menggoyangkan As ke atas dan ke bawah atau ke kanan dan ke kiri. Bila bisa digoyangkan berarti memang As sudah aus.
  • Langkah 2: Memastikan apakah di dalamnya bersih tidak ada benda yang nyangkut? Bila di temukan ada benda nyangkut, kalian cukup bersihkan saja.
  • Langkah 3: Jika As bergoyang/kendor, kalian bisa menggantikan dengan membeli As yang baru atau boleh mengikuti trik alternatif dari saya ini. Di sini saya mencoba dengan mengganjal menggunakan potongan/cuilan Seng yang tipis. Jika kalian tidak punya cuilan Seng, kalian bisa mengkreasikan dengan ide kalian sendiri menggunakan benda lainnya.
  • Langkah 4: Ganjal bagian atas jika saat mesin nyala As tertarik ke atas, atau ganjal bagian bawah jika sebaliknya.
Ganjal atasnya atau bawahnya pada As kipas
  • SELESAI
Yang perlu diperhatikan: Posisi As dan Bearing kipas harus berada di tengah-tengah (Center) tidak ke atas / ke bawah, bila tidak? Maka kipas tidak akan berputar hanya berbunyi dengung. Lakukan dengan uji coba mengganjal bagian atas As atau bagian bawahnya sampai As tidak lagi bergoyang.

Di sini kipas saya sudah berputar kembali dengan normal. Saya hanya mengganjal bagian atas As supaya berada di posisi tengah.

Kipas Angin Berputar

Mungkin sampai di sini kalian sudah paham ya, bagaimana mengatasi kipas angin yang tidak berputar. Demikian tutorial yang dapat saya bagikan semoga berguna dan membantu kalian semua.

Selamat mencoba. 😊