Hindari Trik Saling Kunjung Sebentar Untuk Blogger Pemula

Ajang saling kunjung blog

 Tak jarang seorang blogger pemula yang membagikan link blognya dengan kata-kata Saling kunjung, dengan tujuan agar dikenal sesama blogger. Mereka seringkali share tautan ke grup-grup blogger yang ada di Facebook.

Sebenarnya, itu adalah perilaku baik karena memang maknanya baik. Tapi, jika orang lain yang mengklik tautan kalian hanya untuk kunjung sebentar dan ambil SS (Screen Shoot), kemuadian langsung close dan menunjukkan SS sebagai bukti sudah kunjung, lalu bilang "Done, kunbal juga ya". Itu akan mempengaruhi kualitas blog kalian di mata mesin pencari.

Ini bukannya saya sok tahu ya, tapi ini saya pelajari dari para mastah blogger, data yang dihasilkan Google Analytics dan alat SEO lainnya. Nanti akan saya bahas lebih lanjut mengenai ini di bawah. Sementara, saya akan ngecaprak dulu biar afdol. hehe.

Jadi, buat kalian ini yang baru-baru membuat blog dan menulis Artikel, sebaiknya ikutilah tips dan trik dari orang-orang yang benar, melalui jalan yang lurus. Jangan mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh sesama pemula, yang sebenarnya dia sama-sama sepertimu. Itulah mengapa banyak blogger pemula yang selamanya jadi pemula. Seperti siapa ya misalnya, yaudah gwe misalnya. wkwk.

Lanjut lagi. Kegiatan saling kunjung blog yang baik dan benar itu seperti apa sih?

Seperti yang saya ketahui, makna dari kegiatan saling kunjung blog atau istilahnya Blogwalking, itu adalah aktivits dimana Anda berkunjung ke suatu blog hingga ke blog lainnya. Namun, kegiatan saling kunjung blog yang benar itu bukan sekedar masuk dan Screenshoot lalu keluar. Tapi harus membaca artikel, atau mencari ide konten dari blog yang di kunjungi, agar mendapat inspirasi, kemudia saling bersosialisasi. Itulah makna saling kunjung yang benar.

Seperti halnya bertamu di sebuah rumah. Jika kita memiliki rumah, dan orang lain masuk ke rumah kita lalu belum apa-apa sudah keluar lagi. Itu bukanlah perilaku yang baik. Perilaku baiknya adalah, jika mau bertamu, ya baiknya duduk dulu dan ngopi dulu, atau ngobrol-ngobrol lah minimal, itu akan menyimpulkan bahwa orang lain betah masuk ke rumah kita.

Hindari Trik Saling Kunjung Sebentar Untuk Blogger Pemula

Ajang saling kunjung blog, manfaat dan resiko

Trik saling kunjung blog, visit for visit atau Blogwalking itu setiap orang memiliki etika dan tujuan masing-masing. Jika kita salah dalam melakukannya, justru menurunkan kualitas blog kita. Terlebih jika ajang saling kunjung itu dari hasil Share link di sosmed, waduh nggak baik itu.

Berikut ini, dampak jika kita terlalu sering Share link untuk ajang saling kunjung di Facebook maupun Komentar blogger.
  1. Menyebabkan Link Dapat Terdeteksi Spam oleh Facebook.
    Jika kalian suka berbagi link di Facebook, mohon untuk dikurangi, ya?! Karena, bisa-bisa link blog kalian diblokir oleh Facebook karena terdeteksi spam. Sehingga setelah itu tidak bisa lagi share link di sana.
  2. Spam Score Naik.
    Spam score website adalah suatu metrics yang dibuat oleh Moz di tahun 2015, dengan makna untuk mengukur dan/atau memperkirakan, tingkat spam dari suatu website tersebut. Salah satu menghindari Spam score naik yaitu, Kurangi terlalu sering berbagi link. Terlebih meninggalkan link aktif di komentar blog yang berkualitas rendah.
  3. Tingkat Sesi Kunjungan Menurun.
    Sesi adalah kumpulan interaksi pengguna dengan situs Anda dalam jangka waktu tertentu. Dalam kasus ajang saling kunjung, biasanya waktu sesi yang dihasilkan hanya beberapa detik. Hal itu dikarenakan pengunjung tidak melakukan interaksi apapun di dalam blog yang dikunjungi.
Google Analytic dapat mengukur sesi yang dihasilkan dari suatu kunjungan halaman di situs blog kalian.

Seperti inilah contoh kutipan yang saya ambil dari Analytic answer mengenai sesi:
Saat pengguna, misalnya Budi, tiba di situs Anda, Analytics akan mulai menghitung dari saat tersebut. Jika 30 menit berlalu tanpa interaksi apa pun dari Budi, sesi akan berakhir. Namun, setiap kali Budi berinteraksi dengan sebuah elemen (seperti peristiwa, interaksi sosial, atau halaman baru), Analytics menyetel ulang waktu berakhirnya dengan memberikan 30 menit tambahan dari waktu interaksi tersebut.
 Nah. Kalian faham yang saya maksud? Yang saya maksud itu seperti itu, jadi kalau pengunjung semakin lama dan banyak berinteraksi di situs kita, maka jumlah sesi akan terus bertambah. Dan Google tentunya menyimpulkan bahwa Pengguna menyukai situs Anda.
Namun, sebaliknya, jika pengguna tidak melakukan interaksi apa pun bahkan langsung terpental keluar dari situs. Itu akan dianggap situs tidak berkualitas, Google mungkin dapat menilainya bahwa situs blog Anda tidak bermanfaat bagi pengguna, karena banyak pengguna yang berkunjung sebentar lalu keluar. 

Sudah berkunjungnya sebentar, dan nggak balik lagi pula, waduhhh kamrett emang.

Oke sobat, mungkin penjelasannya sampai di sini sudah bisa dipahami, ya. Jadi intinya jangan sembarangan share link blog di sembarang tempat yah, dan jangan terlalu sering. 

Yang mau komentar, silahkan tinggalkan komentar dibawah. Tenang, setiap orang yang komen di blog saya itu selalu saya kunjungi balik melalui Profilnya. Saya senang menjalin komunitas, senang menambah wawasan dari hasil kunjung blog teman-teman.

Terima kasih.