Mengatasi Windows 10 Tidak Tampil di Monitor dan Tidak Bunyi Beep

Foto Komputer

 Beberapa hari lalu, saya mengalami masalah pada Windows 10 milik saya, CPU menyala tetapi Monitor tidak menampilkan gambar dan tidak berbunyi beep saat dinyalakan.

Biasanya jika PC normal, ketika tombol power ditekan itu akan bunyi beep dua kali dan Windows akan melakukan proses booting.

Namun kali ini membuat saya cemas, karena komputer tidak bisa bunyi beep dan tidak bisa masuk BIOS. Lah bagaimana mau masuk ke BIOS coba? Untuk bunyi beep saja tidak bisa, sedangkan untuk masuk BIOS komputer mesti harus bunyi beep dahulu kemudian layar monitor nyala. Ini layar monitor samasekali tidak tampil apa-apa.

Keyboard dan mouse juga tidak menyala, jadi tidak bisa ngapa-ngapain. Kebetulan saya menggunakan Mouse dan Keyboard gaming yang ada Led nya, jadi ketika Lednya tidak menyala itu dapat dipastikan keyboard dan mouse ini tidak berfungsi.

Tapi ada yang membuat saya penasaran.

Lampu Led indikator power pada CPU ini nyala, kipas Processor dan VGA pun berputar, kipas PSU/Power suplay juga bekerja selayaknya PC normal. Kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? 

Berikut saya akan berbagi ilmu untuk kalian semua.

Windows Tidak Tampil di Monitor dan Tidak Bunyi Beep

CPU nyala tapi tidak tampil di monitor dan tidak berbunyi beep

Sebelum kalian mengatasi masalah, sebaiknya kalian mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab Windows Tidak Tampil di Monitor dan Tidak Bunyi Beep

Mungkin diantara kasus seperti ini, ada beberapa penyebab yang membuat CPU nyala tapi tidak tampil di monitor dan tidak berbunyi beep. 
Diantaranya: Hardisk rusak, Power suplay rusak, Ram rusak, Virus, DLL.

Tetapi saya memvonis masalah yang saya alami ini disebabkan oleh Virus DOS/Hurri, yang pertama kali terdeteksi oleh Windows 10 defender di komputer milik saya.

DOS/hurry Windows 10 Defender
Threat detected: Virus:DOS/Hurri | Windows Security.

Pengertian apa itu Virus DOS/Hurri:

Virus DOS/Hurri adalah virus yang menyerang Windows pada MBR hardisk, virus ini sulit kalian jumpai di dalam File Explorer karena si DOS ini bersarang di MBR (Master Boot Record).

MBR itu bekerja inti pada Windows ketika komputer dinyalakan (booting).

Akibat terkena virus DOS/hurri, Windows tidak bisa melakukan proses booting. Hal ini mungkin bagi pengguna pemula akan menganggapnya Hardisk rusak 😄 . Memang jika dengan mengganti hardisk maka masalah akan langsung teratasi. 

Tapi di sini saya tidak langsung menggantikan Hardisk dan tidak memastikan bahwa Hardisk saya rusak. Melainkan mengatasinya dengan cara yang hemat terlebih dahulu. Bagaimana mengatasinya?

Cara Mengatasi Windows Tidak Tampil di Monitor dan Tidak Bunyi Beep


1. Lepaskan semua kabel daya listrik pada PC dan Monitornya.

2. Buka tutup kesing PC.

3. Copot Bateray CMOS, RAM, Kabel sata hardisk, dan juga FAN Processor.
CMOS Bateray

4. Sambil menunggu beberapa menit hingga BIOS ter-reset, bersihkan RAM dengan cara menggosok bagian kuningan menggunakan penghapus pensil.

5. Bersihkan juga FAN/Kipas Processor, boleh menggunakan tisu kering atau pun lap kain agar bersih dari kotoran debu.

6. Setelah sekiranya lebih dari waktu 10 menit, pasang kembali FAN Processor, jangan lupa untuk memberikan Termal Pasta Processor.

Termal processor


7. Pasang kembali RAM, Kabel sata hardisk dan juga Bateray CMOS.

8. Pasangkan kembali Kabel power PC dan Monitor. 

Note: Pastikan terlebih dahulu semuanya telah terpasang dengan benar.

9. Jika sudah siap, nyalakan PC kalian.

Pertama kali PC menyala akan langsung masuk ke menu BIOS, tenang saja ini karena tadi kita mereset BIOS dengan mencabut bateray CMOS. Lanjutkan saja untuk Setup BIOS. Di step ini kalian cukup perlu atur waktu dan tanggal saja, silahkan atur sesuai waktu dan tanggal di tempat kalian. 

10. Sesudah mengatur waktu dan tanggal, pilih Save and Exit, maka Windows akan otomatis Restart ke menu utama. 

11. Setelah itu, lakukan pemindaian virus menggunakan Windows defender. Buka Windows defender security dan lakukan full scan. 

SELESAI

Setelah melakukan pemindaian, di sini saya baru mengetahui adanya Virus DOS. Windows 10 defender telah mendeteksi virus ini di hardisk>>MBR. dan statusnya; Cleaned. Artinya sudah aman.

Alhamdulillah akhirnya PC saya terselamatkan tanpa mengeluarkan banyak biaya, sekarang sudah nyala lagi.

Oke cukup sampai di sini, demikian tutorial yang saya bagikan di atas, semoga membantu kalian semua yang mengalami hal sama.
Silahkan boleh berkomentar di bawah bagi yang masih bingung.

Bagikan Ke: