Visitor Banyak Tapi Klik Zonk?

 Bagi seorang publisher AdSense blog, tentunya menginginkan jumlah klik iklan banyak, karena banyaknya pendapatan berasal dari hasil klik tersebut.

Namun, tak jarang seorang blogger yang mengeluh tentang visitor atau pengunjung banyak tetapi jumlah kliknya sedikit. Bahkan ada yang sama sekali tidak mendapat klik.

Padahal, banyaknya visitor itu adalah peluang untuk kita mendapatkan klik. Jika visitor banyak misalnya 100 s/d 200 perhari, itu saja sudah lumayan kalau setengah dari mereka mau mengklik.

Visitor ratusan tapi klik sedikit

Oleh karena itu, sangat disayangkan jika pengunjung blog kita ratusan perhari tetapi tak ada klik satu pun, atau ada klik tapi cuma 1-2.

Mengapa pengunjung blog saya banyak tetapi jumlah klik sedikit?

Berikut ini penyebab yang perlu kalian ketahui.

1. Penempatan iklan yang tidak tepat

Mungkin masalah penempatan iklan di blog kalian yang tidak tepat membuat pengunjung tidak melihat iklan dengan mudah. Sehingga kurang mendapat perhatian.

2. Terlalu sedikit memasang iklan

Memasang iklan sedikit memang baik untuk pengalaman pengguna, tetapi itu tidak akan membuat Anda mendapat penghasilan yang banyak dari AdSense. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan ini sendiri, mau mengutamakan pengalaman pengguna yang baik atau memasang iklan yang banyak demi penghasilan.

3. Target pengunjung tidak tepat sasaran

Yang dimaksud adalah, pengunjung blog kalian ternyata sama-sama orang pintar seperti kalian. Dia tahu jika mengklik iklan itu menguntungkan pemilik blog, sehingga sangat berhati-hati untuk tidak melakukan klik.

Seharusnya ini tidak terjadi meski pengunjung orang yang mengerti tentang AdSense dan blog. Tapi nyatanya seorang pengunjung yang paham tetang itu, rasanya enggan untuk klik iklan.

Berbeda dengan orang tua, Bapak-bapak dan Ibu-ibu atau pun masyarakat yang awam dalam dunia IT. Mereka pasti tidak segan-segan untuk klik iklan yang menarik perhatiannya.

4. Kebanyakan pengguna Desktop daripada Seluler

Jika blog kalian berisi konten yang membahas tutorial komputer, maka bisa dipastikan lebih banyak pengunjungnya menggunakan Desktop daripada Seluler.

Pengunjung yang menggunakan Desktop itu lebih kecil peluangnya untuk mengklik iklan. Pasalnya, tampilan layar lebih lebar, dan untuk scroll juga tanpa harus menyentuh layar atau pun klik area. Itulah mengapa blogger sekarang lebih mengejar Visitor Seluler ketimbang Desktop.


Cara mengoptimalkan jumlah klik di AdSense blog

Agar jumlah klik meningkat, kita perlu pengoptimalan dengan berbagai cara yang harus dieksperimenkan! Tapi ingat, jangan gunakan cara yang tidak benar, selalu ingat kehalalan agar berkah.

jumlah klik


Berikut ini saran dari saya:

1. Pasang iklan pada tempatnya

Jika penempatan iklan yang kalian pasang saat ini tidak pernah mendapatkan klik, cobalah tempatkan di lain tempat.

Posisi penempatan iklan yang sering mendapatkan klik adalah:

  • Bagian bawah header.
  • Di atas atau bawah judul artikel.
  • Di tengah dan bawah isi artikel.
  • Di antara list postingan (Hanya beranda).
Dengan cara memasang iklan pada tempatnya, maka peluang untuk mendapatkan klik akan lebih banyak. Jika menurut kalian kurang yakin? Kalian bisa lihat sendiri di blog-blog lain bagaimana penempatannya.

2. Tambahkan jumlah iklan

Dengan menambahkan jumlah iklan yang dipasang di blog, maka peluang untuk mendapatkan klik lebih banyak.

Perlu diingat: Kontrol jumlah iklan Anda sesuai dengan kualitas konten. Jangan memasang terlalu banyak iklan jika konten Anda tidak memadai. Untuk itu, buatlah konten semenarik mungkin dan buatlah pengunjung merasa haus akan isi konten Anda. Dalam arti, konten Anda sangat dibutuhkan baginya.

3. Targetkan artikel untuk pengunjung yang tepat

Penargetan pengunjung sangatlah penting, karena jika tidak tepat sasaran, penghasilan AdSense pun tak sesuai yang kita harapkan.

Oleh karena itu, sebelum membuat artikel fikirlah dulu. Untuk siapa targetnya.

Jika kalian membuat artikel tentang tutorial blog, pastinya target visitor adalah seorang blogger juga.

Saran untuk mendapatkan klik banyak? Targetkan visitor pada emak-emak atau orang yang awam. Yaitu dengan cara membuat konten dengan topik seperti; Resep masakan, Kuliner, Life style, dsb.

Dengan demikian, peluang untuk mendapatkan klik iklan sangatlah besar. Daripada konten tentang teknologi, atau tutorial blogging, yang pengunjungnya bisa saja sama-sama memiliki blog.

Penting: Bagikan juga artikel kalian di forum yang tepat, jangan share artikel di Grup Blogger jika isi artikelnya bukan tentang blog.

4. Buatlah artikel untuk pengguna seluler

Selain visitor lebih banyak, artikel untuk pengguna seluler akan lebih banyak medapatkan klik daripada pengguna desktop. Alasannya, pengguna mobile seluler sekarang ini sudah kesemua kalangan dan ada di berbagai penjuru.

Prioritaskan pengguna seluler

Selain itu, layar ponsel yang lebih sempit dan ukuran ibu jari yang besar-besar (Terutama cowok), dia akan lebih mudah untuk klik iklan.


Itu hanyalah saran versi saya, dan sudah saya coba sendiri.

Silahkan bisa kalian ikuti cara di atas untuk meningkatan jumlah klik, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Terima kasih.