Vivo Y12 Downgrade ke Android 9 Bisakah?

 Hallo selamat datang lagi di blog saya Pemalang Otodidak, apa kabar kalian? Semoga baik-baik saja ya.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan artikel tentang Vivo Y12 downgrade dari Android 11 ke Android 9 (Pie). Yang dimaksud adalah menurunkan versi OS, dari yang tertinggi ke yang lebih rendah atau di bawahnya.

Seperti yang kita tahu, belum lama Vivo Y12 ini update Android 11. Namun setelah itu, ternyata beberapa pengguna kangen ingin kembali lagi ke OS 9. Entah dengan alasan apa, mungkin karena sudah nyaman dengan versi sebelumnya, atau ada masalah yang membuatnya tidak nyaman dengan versi baru.

Saya sendiri sebenarnya sih oke-oke saja dengan Android 11, namun terkadang memang ada rasa pengen balikan lagi, hehehe. Tapi bisa nggak yah?

Vivo Y12 Downgrade ke Android 9 Bisakah?

Tampilan SP_Flash_Tool

Ada ide terlintas di fikiran saya, yaitu dengan cara flash ke firmware versi lama.

Saya sudah menemukan ide ini, dan beberapa bahan yang diperlukannya.

Berikut ini bahan-bahannya:

  • PC/Laptop
  • Firmware Vivo Y12 versi lawas (PD1901EF_EX_A_1.9.13_mtk6771)
  • SP_Flash_Tool_v5.1
  • MTK USB Driver
Bahan-bahan tersebut bisa kalian cari dan download di pencarian Google, karena sudah banyak yang upload.

Perlu diketahui bawha untuk melakukan flash firmware ini harus rela kehilangan seluruh data di ponsel. Berbeda dengan update, yang diproses otomatis dari sistem tanpa menghapus data.

Jika kalian tetap ingin melakukan downgrade atau mengembalikan ke versi 9, caranya yaitu diflash ke firmware lawas. Berikut silahkan kunjungi tautan ini untuk cara flashing firmware Vivo Y12. Karena saya menggunakan cara dari situs tersebut untuk melakukan downgrade.

Mohon maaf jika tutorialnya saya arahkan ke link lain, karena saya tidak mau menulis ulang artikel orang lain. Silahkan pelajari di sana.

Saya hanya membagikan informasi tentang Vivo Y12 Downgrade ke Android 9 bisa atau tidak? Jawabannya bisa! Demikian artikel yang saya bagikan, semoga membantu.

Terima kasih.

Perhatian: Bagi yang ragu melakukannya, serahkan saja ke ahlinya (teknisi smartphone). Karena ilmu otodidak itu hanya untuk orang-orang pemberani.