Cara Membuat Google Form di HP

Google Forms


 Cara membuat Google Form ternyata bisa dilakukan menggunakan ponsel atau HP. Ada yang belum tahu apa itu Google Form? Google Form adalah layanan dari Google yang bisa kita gunakan untuk pengumpulan data yang didapat dari orang banyak atau bisa dikatakan "Formulir online".

Google form telah memberikan kemudahan bagi para pengguna, karena bisa diakses melalui browser tanpa harus mengunduh Aplikasi, selain itu layanan Google Form ini bisa Anda gunakan secara gratis! Tanpa diminta biaya.

Banyak sekali manfaat dari Google form. Bisa untuk membuat Survei online, Kuesioner, Formulir pendaftaran dan juga absensi.

Membuat formulir online dengan Google Form ini cukup mudah dan praktis, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya. Layanan ini juga bisa diakses melalui perangkat apa saja, seperti Hp, Tablet, Laptop dan komputer.

Jika Anda ingin cara yang paling praktis, Anda bisa membuat Google Form menggunakan perangkat seluler atau HP. Berikut ini tutorial yang bisa Anda ikuti.

Cara Membuat Google Form di HP

Google form hp


Berikut ini caranya:
  • Buka https://docs.google.com/forms/ 
  • Setelah masuk di halaman Google form, akan ada pilihan bentuk formulir atau template. Atau jika ingin memulai dari formulir kosong, pilih menu "kosong"
  • Silahkan edit formulir kosong tersebut mulai dari judul dan deskripsi formulir, lalu selanjutnya ke bagian pertanyaan
  • Klik tombol tambah (+) di pojok kiri bawah untuk menambahkan pertanyaan berikutnya, silahkan tulis pertanyaan sesuai kebutuhan
  • Jika semua pertanyaan sudah cukup, Anda bisa klik submit formulir tersebut dengan menekan tombol "Send" yang ada pada bagian atas monitor. Di sini Anda bisa langsung  mengirimkan link formulir tersebut ke email responden atau bisa juga dengan menyalin link dan membagikannya kepada orang lain di sosial media
  • Setelah link survei dibagikan, Anda tinggal melihat hasil pengisian formulir yang sudah didapatkan pada bagian "Responds"
  • Selesai

Begitulah cara membuat Google Form di HP, saya rasa sampai di sini sudah cukup jelas. Namun bila ada yang kurang jelas, silahkan kirim komentar Anda di bawah. Terimakasih telah berkunjung dan membaca, semoga artikel ini berguna dan membantu kalian. Selamat mengerjakan.

Bagikan Ke: