Laptop/PC Masuk BIOS Terus Setiap Dinyalakan

Pc masuk bios

 Ketika PC/Laptop dinyalakan selalu langsung masuk ke menu BIOS. Akibatnya, perangkat tidak bisa tampil ke Windows. Jika hal ini terjadi berulang kali, maka dipastikan PC/Laptop tersebut bermasalah.

Tahukah Anda apa penyebab PC/Laptop selalu masuk ke BIOS? Inilah penyebabnya:

  • Bateray CMOS mati/rusak: Ketika bateray CMOS rusak atau sudah habis pada komputer bisa mengakibatkan komputer otomatis masuk BIOS saat dinyalakan. Selain itu, tanggal dan jam biasanya selalu terreset jika bateray CMOS sudah waktunya diganti. 
  • Ada tombol keyboard yang error: Tombol keyboard error biasanya bisa jadi penyebab kenapa Laptop masuk BIOS terus. Misalnya, tombol F11, F12, Del, atau tombol lainnya yang berkaitan dengan fungsi masuk BIOS.
  • Hardisk tidak terbaca: HDD atau SSD rusak dan tidak terbaca bisa juga menyebabkan komputer tidak bisa booting dan hanya masuk BIOS.
Berikut ini saya akan memberikan cara mengatasinya dengan langkah-langkah yang sangat mudah.

Cara Mengatasi PC/Laptop Selalu Masuk BIOS

1. Periksa Bateray CMOS

(Untuk PC) Baterai CMOS ini biasanya terletak menempel pada papan Mainboard PCB atau Mobo. Sedangkan (untuk Laptop) biasanya menggunakan socket. Anda bisa menggantinya dengan membeli CMOS baru seharga kisaran 10 ribuan.

2. Periksa keyboard atau Tekan ESC

Anda bisa mencoba dahulu Tekan ESC pada Laptop atau PC sampai Windows restart.
(Untuk PC) Cobalah Keyboard jangan dipasang dahulu saat PC dinyalakan. (Untuk Laptop) Anda harus membongkar untuk memeriksa keyboard. Jika memang rusak, bawalah ke tempat service terdekat.

3. Periksa Hardisk/SSD

Hardisk/SSD rusak atau tidak terbaca biasanya ditandai pesan "no boot device" pada saat dinyalakan, tetapi terkadang bisa langsung masuk BIOS. Oleh karena itu, kalian perlu cek HDD/SSD pada laptop atau PC kalian.

4. Install Ulang Windows

Cara lain yang terakhir yaitu dengan menginstal ulang Windows pada Laptop atau PC kalian. Karena bisa saja OS yang kalian instal sebelumnya corrupt, atau ada file sistem yang terhapus.


Dengan melakukan langkah-langkah di atas, seharusnya berhasil. Jika tidak, silahkan bawa ke tempat servis terdekat untuk penanganan lebih lanjut.