Panduan Belajar Edit Tema Vivo Untuk Pemula


Mungkin Anda sedang mencari cara bagaimana mengedit tema Vivo sendiri. Di You tube memang sudah banyak yang share tema Vivo itz yang sudah jadi alias tinggal instal. Tetapi tidak ada salahnya jika kita mengedit/membuat tema itz sendiri.

Dengan mengedit tema sendiri, kita bisa menikmati tema custom yang kita suka. Kita bisa mengganti background, mengganti icon, dan lainnya.

Mengedit tema vivo ITZ tidak perlu Laptop/PC, kita bisa menggunakan Android.

Yang perlu kita siapkan adalah Tema.itz untuk diedit. Kalian bisa bebas menggunakan tema yang mana. Namun, saya sarankan untuk menggunakan tema yang sudah tembus akar.

Kenapa belajar mengedit tema harus yang sudah tembus akar?

Karena biar kita lebih banyak mengenal file-file yang ada di dalam tema. Semakin tembus akar, maka isi dari tema tersebut juga semakin banyak.

Baca juga: Cara Pasang Widget KWGT Vivo.


Cara Ekstrak Tema Vivo ITZ


Untuk mengetahui isi tema vivo itz, Anda harus mengekstraknya terlebih dahulu.

Caranya bagaimana biar bisa diekstrak? Karena filenya masih itz, maka harus mengubah ekstensi (itz) menjadi (zip) dengan cara rename. Setelah itu di ekstrak.

Setelah mengekstrak file tema Vivo, Anda akan melihat banyak file dan folder. Di bawah ini penjelasan isi file-file di dalam tema Vivo yang sudah di ekstrak.


Penjelasan File-File di Dalam Tema Vivo

Jika kalian ingin mencoba edit-edit tema vivo, yang perlu diketahui dahulu adalah mengenal file-file yang ada di dalam tema vivo itz tersebut. Tidak perlu paham seluruhnya tidak apa-apa, yang inti-inti saja. Berikut saya berikan sedikit penjelasan agar membantu kalian dalam belajar mengedit tema vivo.

  • Folder icons:
    Berisi icon-icon aplikasi yang tampil di beranda.
  • Folder launcher:
    Berisi file untuk launcher. Biasanya di dalam folder ini ada PNG untuk folder Aplikasi, dan iconsize.xml untuk setelan ukuran icon.
  • Folder preview:
    Berisi gambar pratinjau tema.
  • Folder wallpaper:
    Berisi wallpaper default tema.
  • com.android.settings:
    Berisi patch yang akan merubah tampilan pengaturan. Seperti icon-icon yang ada di pengaturan.
  • com.android.systemui:
    Berisi seluruh patch yang terkait untuk systemUi. Jika kalian ingin merubah tampilan status bar, maka harus bongkar file ini.
  • vivo:
    File vivo ini berfugsi paling banyak dalam peran edit tema. Jika kalian ingin merubah background sistem, maka harus bongkar file vivo ini.

Selebihnya mungkin kalian akan paham sendiri jika sudah membongkar-bongkar tema. Oleh sebab itu butuh belajar dan juga prektek.

Untuk praktek pemula, kalian bisa coba cara mengganti background sistem di vivo.

Kalian juga mungkin butuh aplikasi VIVO theme editor untuk membantu edit-edit tema Vivo.

Demikian artikel yang saya bagikan tentang belajar edit tema Vivo, semoga bermanfaat. Terima kasih.