Cara Pasang Kit TDA 2003 Di TV Tabung Pengganti IC Audio

Pada kesempatan ini Lutfisyafii.com mau berbagi tutorial pasang driver/kit TDA 2003 di TV tabung untuk mengatasi TV yang tidak ada suaranya.

 Apa itu Kit TDA 2003?

Kit TDA 2003 merupakan sebuah rangkaian/driver audio amplifier yang menggunakan ic TDA 2003. Driver ini menggunakan tegangan 12Vdc sampai (Max 18Vdc) dan mampu menghasilkan output 18Watt mono. Oleh karena itu sangat cocok untuk dijadikan driver audio TV, sebagai pengganti ic audio TV tabung yang rusak.

Cara ini bisa untuk semua TV tabung merek apa pun, asalkan kalian paham inti sekemanya.

Berikut ini saya akan memberikan skema dan penjelasan.

Cara Pasang Kit TDA 2003 Di TV Tabung


BAHAN:
  • Kit TDA 2003
  • Resistor 1K
  • Potensio 50k (Jika Kit sudah ada potensionya tidak usah menambah potensio lagi).
Keterangan:
  1. Dari input jack RCA audio R L langsung terhubung ke input KIT TDA2003 melalui R1K dan Potensio B50k, jangan terhubung ke mana pun selain itu.
    Potensio berfungsi sebagai penyeimbang suara, Anda bisa mengatur suara melalui potensio, karena jika tidak, maka Volume STB dibuka level 1 saja sudah sangat keras. Setelan yang direkomendasikan yaitu Potensio diputar jam 9, lalu untuk selebihnya Anda bisa menambah volume lewat remot STBnya.
  2. Tegangan yang dibutuhkan 12 hingga max 16Vdc, meskipun ic mampu 18v namun karena kit yang dijual dipasaran kebanyakan elko suplaynya menggunakan 16V. Jadi oleh karena itu supplaynya Anda bisa mengambil langsung dari Elko 16V yang ada di blok ic audio TV.
  3. Out dari Kit TDA langsung ke Speaker, gunakan 1 atau 2 speaker boleh diparalel.
  4. Jika Potensio ditutup terdengar dengung atau gemuruh, berarti Grounding belum benar, pastikan Ground dari RCA, Potensio, dan ground suplai saling terhubung.
Demikian itulah cara memasang KIT TDA 2003 pada TV tabung untuk menggantikan driver audio TV yang tidak bunyi.

Saya senang menulis, menggambar, dan belajar otodidak.

Posting Komentar

Dilarang spam
© Pemalang Otodidak. All rights reserved. Developed by Jago Desain