Mengatasi DCO Lolos Polytron Speaker

 DCO atau DC offset pada sebuah amplifier adalah sebuah kerusakan yang sangat berbahaya. Pasalnya, tegangan sumber pada power suplay akan tembus atau lolos ke output speaker. Seperti pada kasus yang sedang saya kerjakan ini, tegangan 26 Volt DC pada power suplay tembus sampai pin/soket speaker. Hal ini akan mengakibatkan sepul speaker gosong.

Sebelum kita mengganti speaker baru, kita harus mengeksekusi driver amplifier terlebih dahulu. Normalnya, pin out atau soket speker harus terukur 0,00 Volt DC pada multitester. Jika masih ada tegangan, jangan berani memasang speker, karna speker akan rusak lagi.

Oke pada artikel ini saya akan membagikan ilmu kepada kalian cara mengatasi DCO lolos pada speaker aktiv Polytron Pas 68, namun bisa berlaku pada tipe Polytron lainnya.

Mengatasi Speker Aktiv Polytron Tegangan Out Speker Sama Dengan Tegangan PSU

Tidak perlu bertele-tele langsung ke intinya.

  • Pertama ukur semua Resistor yang ada pada driver ampli, dengan cara lepas 1 kakinya lalu ukur resistor. Karena termakan oleh usia terkadang nilai resistor sudah molor / tidak sesuai seharusnya.
  • Pada kasus yang sering terjadi biasanya Resistor 10k yang saya tandai di bawah ini nilainya sudah berubah.


  • Jika resistor aman semua, ganti semua Transistor yang kecil-kecil yang berkode (1015,1815, dan Tr BD139/140).
  • Ukur juga Tr finalnya (Tip 41 42).
Untuk mempermudah pengukuran, jika kalian tidak tahu nilai-nilai seharusnya, ukurlah dengan menyamakan komponen pada rangkaian driver sebelahnya. Misal yang terjadi DCO adalah driver yang R, maka samakan dengan yang L. Dengan demikian pasti akan ketemu yang mana yg rusak, karena sistem driver Polytron ini R dan L sama rangkaiannya.

Demikian itulah artikel yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. Jangan ragu untuk bertanya di komentar yah jika kalian masih ada yang perlu ditanyakan.


Saya senang menulis, menggambar, dan belajar otodidak.

Posting Komentar

Dilarang spam
© Pemalang Otodidak. All rights reserved. Developed by Jago Desain