Cara Perbaiki Android Tidak Bisa di CAS

Tutorial ini untuk pembelajaran anda yang pemula dalam mengatasi android tidak bisa di cas atau di charger.

Banyak sekali masalah dan penyebab android tidak bisa di charger, tetapi pada artikel ini saya akan memberikan solusi yang sangat mudah untuk anda.

Sebelum membawa ke tukang servis alangkah baiknya analisa sendiri dahulu. Apabila kerusakannya ringan, dan sekiranya anda mampu, silahkan anda perbaiki sendiri.

Berikut ini tips dan cara Mengatasi HP tidak bisa di Charger

1. PERIKSA CHARGER

Dengan cara hubungkan charger yang satu kemudian coba menggunakan charger yang lainnya. apabila menggunakan charger lain bisa terhubung dan mengisi dengan baik, itu berarti masalah ada pada charger anda yang rusak. silahkan belilah charger yang baru di counter terdekat.

2. PERIKSA LUBANG CHARGER DI HP

Periksa lubang konektor charger di ponsel Anda, gunakan senter atau lampu penerang untuk melihat lubang charger di Android Anda. Lihatlah apakah kondisinya bersih dan tidak ada pin yang patah?. Jika didalamnya patah, anda harus mengganti konektor charger nya. Biasanya android yang pemakaiannya sudah lama itu akan banyak debu yang masuk ke dalam lubang charger. 

Membersihkan lubang charger:

  • Matikan ponsel anda agar benar-benar nonaktif
  • Ambil sikat gigi di warung, ngapain ke warung di kamar mandi juga ada sikat gigi. 
  • Ambil minyak kayu putih cap lang dan teteskan satu tetes saja ke ujung sikat gigi
  • Bersihkan lubang charger di hp menggunakan sikat gigi yang sudah diberi minyak kayu putih.
  • Apabila sekiranya sudah bersih silahkan diamkan hingga kering.
  • Lalu coba hubungkan lagi dengan charger, biasanya ini berhasil apabila hanya masalah kotor.

Di-charger masuk tetapi malah berkurang

Untuk mengatasi seperti ini sebaiknya anda bawa ke teknisi HP, jika anda tidak mempunyai alat dan bahan yang diperlukan untuk mengganti konektor charger.

Karena masalah dicas masuk tetapi tidak mengisi dan terkadang malah berkurang, ini termasuk masalah berat, dan banyak sekali penyebabnya, wajib membongkar total android anda untuk menganalisa lebih jauh.

Masalah itu sering terjadi karena aisi (IC) charger yang rusak, bisa juga bateraynya yang rusak, bisa juga ada komponen kecil yang hilang atau short. 

Silahkan ganti bateray baru saja, karena bateray yang sudah jangka panjang pemakaiannya itu juga bisa jadi faktor penyebab HP di Charger tidak bertambah tapi malah berkurang. Jika masalah masih berlanjut silahkan bawa ke tukang servis terdekat.

Demikian artikel "Mengatasi Hp Tidak Bisa di Charger" ini semoga dapat membantu. Terimakasih.

Bagikan Ke: