Mengatasi blog muncul peringatan (Sambungan ke situs ini tidak aman)

Notifikasi "Sambungan ke situs ini tidak aman"

Setiap blog atau situs yang sudah menggunakan HTTPS itu seharusnya aman, namun ada juga meski https, tetapi terdeteksi tidak aman.

Di artikel ini saya akan memberikan solusi untuk blog kamu yang sudah menggunakan https, tetapi muncul notifikasi "Sambungan ke situs ini tidak sepenuhnya aman".

Kenapa hal itu bisa terjadi?

Biasanya hal itu terjadi disebabkan Anda (pemilik situs) tidak memperhatikan adanya HTTP yang dimasukkan ke dalam Html situs, akibatnya, meski di akses menggunakan Https, akan tetapi google mendeteksi tidak aman karena ada http di dalam situs.

Seperti kejadian waktu itu di blog saya ini, saya bingung kenapa muncul peringatan sambungan ke situs ini tidak sepenuhnya amam, padahal saya sudah menyediakan HTTPS dan mengalihkan dari http:// ke HTTPS:// di setelan blog saya ini.

Setelah saya akalin sendiri menggunakan alat inspeksi elemen, barulah ketemu biang keroknya. Berikut ini cara mengatasinya:

Mengatasi blog muncul (sambungan ke situs ini tidak aman) meski HTTPS

1. Jangan ada http di dalam blog

Sebelumnya apakah anda mengingat bahwa Anda pernah memasukkan Link eksternal ke dalam HTML blog? Jika masih mengingat dimana meletakkannya, silahkan periksa link tersebut dan pastikan Url menggunakan HTTPS. Ubahlah semua url/link di dalam blog Anda dari http menjadi https. Jika Anda lupa atau tidak tahu dimana letak http itu? 
Anda bisa mencari dengan cara:
  • Tekan Ctrl + F
  • Pada kolom pencarian yang muncul
  • Ketik http 
  • Setelah ketemu tinggal ubah saja dari http menjadi https

Atau bisa juga melalui fitur inspeksi element yang sudah saya berikan caranya di bawah ini:

2. Manfaatkan alat Inspeksi

Cara yang ke dua yaitu dengan bantuan inspeksi. Jika anda ingin lebih cepat menemukan sumber http yang membuat blog Anda tidak aman tersebut, gunakan fitur Inspeksi elemen. Fitur inspeksi ini ada di browser Chrome versi desktop, jadi disarankan Anda menggunakan PC/Laptop untuk tutorial ini, karena pada Chrome versi moblie sepertinya belum disediakan. Berikut caranya:
  • Buka halaman blog anda yang muncul peringatan tidak aman tersebut
  • Lalu jalankan fitur inspeksi di Chrome untuk cari permasalahannya.
  • Cara menggunakan fitur inspeksi di Chrome ini sangatlah mudah, yaitu hanya dengan klik kanan pada mouse, maka akan muncul opsi inspeksi tersebut.
  • Biasanya akan terlihat peringatan Mixed Content di bawah fitur alat inspeksi, seperti contoh di bawah:
Ini saya contohkan menggunakan blog saya yang satunya, <bloglosdrog> yang saya jadikan untuk testing code, atau dapat dikatakan sebagai blog ujicoba.
(Terdeteksi adanya url http pada feedburner).

Karena waktu itu saya memasang widget subscribe feedburner, dan memang di situ terlihat menggunakan HTTP bukan HTTPS. Jadi permasalhannya ada pada widget subscribe ini, yang menyebabkan munculnya peringatan Sambungan ke situs ini tidak sepenuhnya aman meski https. Url itulah yang akan kita cari di dalam HTML blog.
  • Cari url yang menyebabkan situs tidak aman tersebut di pengaturan HTML blog
  • Pergi ke Dasboard blogger.com > Tema > Edit HTML
  • Setelah ketemu url http tinggal tambahkan saja huruf "s" maka menjadi https
  • Setelah selesai, simpan perubahan dan coba buka situs anda kembali, maka dipastikan sudah tidak ada lagi notifikasi sambungan ke situs ini tidak aman.
Masalah seperti itu sangatlah penting, karena jika tidak diperbaiki? Maka akan berdampak buruk bagi situs blog anda yang muncul notifikasi tidak aman tersebut. Pengunjung blog yang awam tentunya akan takut dan bisa langsung keluar dari situs blog anda. Maka dari itu perbaiki sesegera mungkin dengan cara di atas yang sudah saya berikan.

Demikian tutorial yang saya berikan semoga bisa berguna buat anda yang mengalami hal sama. Untuk terus mendapatkan notifikasi update artikel terbaru kami, silahkan submit email anda di menu bagian bawah blog ini. Gratis!.

Bagikan Ke: