Risiko Membuat Artikel Tentang Blogging

Sebab, dengan membuat artikel tentang blogging itu sama dengan saya mendatangkan para blogger yang dalam kurung dia adalah (competitor/pesaing).

 

risk

Artikel tentang blogging yaitu artikel yang menjelaskan atau membahas tentang blogger, bisa meliputi Tutorial, Pengalaman dan aktivitas seorang blogger.

Sudah lama sejak awal blog ini didirikan, saya memang membuat kanal khusus Blogging/Blogger yang artikelnya berlabel Blogging.

Saya senang membuat artikel tutorial, oleh karena itu juga saya dengan senang hati membagikan tutorial blogger di blog ini tanpa berfikir risiko yang akan didapatkan.

Seiring berjalannya waktu, saya merasa sungkan alias males untuk membuat artikel tentang blogging. Kenapa?

Sebab, dengan membuat artikel tentang blogging itu sama dengan saya mendatangkan para blogger yang dalam kurung dia adalah (competitor/pesaing).

Tidak mungkin dia hanya membaca tutorial dalam artikel itu saja lalu pergi. Namanya juga Pesaing, pasti ada pesaing yang nakal alias ingin menjatuhkan saya agar blog saya ini tidak lebih hebat dari dia.

Saya tidak berburuk sangka, melainkan ini sudah menjadi pengalaman.

Berikut adalah pengalaman risiko yang saya dapatkan setelah membuat artikel tentang blogger:

  1. Dijinggling.
    Sesama blogger, tentunya ada yang tidak suka melihat saingannya lebih hebat dari dirinya, dengan cara dijinggling berharap agar blog pesaingnya down.
  2. Artikel ditulis ulang (rewrite).
    Karena kebetulan niche/topik blognya sama dengan dirinya, maka berkesempatan dia menulis artikel yang saya buat. Dia lebih memilih nulis ulang lalu diterbitkan di blognya sendiri seolah dialah yang menemukan ide tersebut, daripada membagikan artikel saya yang sudah saya tulis.
  3. Artikel dicopas/copy paste.
    Ini yang paling menyakitkan bagi saya jika artikel yang saya buat susah payah ternyata ada yang mengcopy paste tanpa menyantumkan link sumber.
  4. Visitor banyak tapi klik iklan sedikit.
    Bagaimana tidak, orang visitornya seorang blogger juga.

Dengan senangnya dia mendapatkan ide artikel dari blog saya, mengetahui cara main saya. Dia hanya menunggu saya update artikel, setelah itu ditulis ulang dan dipublish sendiri.

Itulah risiko yang saya dapatkan setelah membuat artikel tentang blogging. Setelah ini, saya mungkin tidak lagi membagikan artikel tentang blogging atau tutorial edit template. Mendingan bikin tutorial lain saja.

Perhatian:
Buat kalian yang mau request tutorial tentang blog, mohon maaf saya tidak akan membuatnya.

Saya senang menulis, menggambar, dan belajar otodidak.

Posting Komentar

Dilarang spam
© Pemalang Otodidak. All rights reserved. Developed by Jago Desain