Cara Mengatasi Android Ruang Penyimpanan Hampir Habis

Ruang penyimpanan hampir habis
Notifikasi: "Ruang penyimpanan hampir habis".

Welcome. Kali ini saya akan membagikan tutorial untuk mengatasi Ruang penyimpanan hampir habis di Android.

Banyak pengguna Android yang hanya menggunakan untuk kepentingan umum saja, seperti game, chating, browsing, sosmed, dll. Diantara mereka tidak memperhatikan data di dalam kapasitas internal yang semakin hari akan terus bertambah, yang membuatnya muncul notifikasi: "Ruang penyimpanan hampir habis." Jika hal ini terjadi, beberapa fungsi sistem mungkin tidak bekerja semestinya.

Untuk itu, silahkan lakukan dengan cara ini agar Ruang penyimpanan Internal menjadi lega lagi.

Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan Hampir Habis

Dalam beberapa kasus, Ruang penyimpanan hampir habis ini bisa diatasi dengan beberapa langkah. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan:

Uninstal atau Copot pemasangan pembaruan Aplikasi bawaan yang tidak penting

Copot pemasangan pembaruan
  • Buka Pengaturan/setelan.
  • Klik Pengaturan lainnya.
  • Buka Pengelola aplikasi.
  • Cari aplikasi yang tidak kamu gunakan dan klik untuk membuka info aplikasi.
  • Setelah terbuka info aplikasi tersebut, klik Uninstall/copot pemasangan pembaruan.
  • Lakukan cara demikian untuk semua aplikasi yang tidak kamu gunakan atau tidak penting.
Untuk aplikasi bawaan, Anda juga bisa menonaktifkannya jika tidak membutuhkan aplikasi bawaan tersebut. Namun terkadang tidak semua aplikasi bawaan itu bisa dinonaktifkan, akan tetapi dengan melakukan uninstall pembaruan Aplikasi tidak penting, itu sudah mengurangi data di internal Anda.

Bersihkan file sampah/Cache:

File sampah atau data cache ini pasti ada di semua internal android, yang akan terus bertambah setiap kali aplikasi digunakan.
Untuk cara membersihkannya Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini:

Bersihkan file sampah/Cache (Untuk Android versi baru)
Demi memudahkan pengguna, biasanya android versi baru itu sudah ada aplikasi pembersih ruang bawaan dari pabrik, seperti i Manager pada HP Vivo misalnya.

Imanager pada VIVO

Selain fitur pendeteksi keamanan, di aplikasi iManager ini juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan ruang penyimpanan, seperti Cache yang saya maksud, juga file-file lainnya yang tidak berguna.

 
Bersihkan file sampah/Cache (Untuk Android versi lama)

Pada Android versi lama seperti Jellybean, Kitkat, Lollipop, jika tidak ada aplikasi pembersih bawaan, Anda bisa melakukan cara di bawah ini untuk membersihkan file sampah/cache:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Cari Penyimpanan.
  3. Pada File campuran, klik untuk bersihkan.

Itu akan membersihkan file atau data sampah yang tidak penting pada internal Anda.

Selain melalui pengaturan, pengguna Android versi lama juga dapat mendownload aplikasi bantuan dari PlayStore. Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih pihak ketiga untuk mengatsi penyimpanan hampir habis.

Tips tambahan!
Untuk menghemat kapasitas penyimpanan, bisa lakukan dengan cara; Nonaktifkan pembaruan otomatis di Playstore. Karena setiap pembaruan aplikasi, itu akan memakan ruang penyimpanan pada android anda, bagi pengguna android yang kapasitas memorinya rendah, tentu akan cepat habis termakan oleh aplikasi baru yang ukurannya lebih besar dari sebelumnya.

Bagikan Ke: