Cara Mengatasi Oppo A11w Mati Total/Hanya Getar

 Pada kesempatan kali ini, saya mendapatkan servisan unit Oppo A11w atau Joy 3. Kasusnya Oppo A11w ini mati total dan dicas juga tidak nyala hanya getar saja.

Biasanya, Oppo A11 w ini memang sering terjadi kendala seperti ini. Penyebabnya dari kebanyakan kasus ialah karena sering buat main game sambil ngecas.

 “Awalnya tidak apa-apa, terus tiba-tiba mati sendiri, kemudian sempat hidup tapi muncul bahasa china. Sesudah itu mati lagi dan dicolokin charger pun tidak menyala.” Begitu kata pemiliknya.

Dari cerita si user, saya dapat mengartikan bahwa yang dimaksud muncul bahasa cina yaitu masuk recovery mode. Pasalnya, awal masuk recovery mode Oppo A11 w ini memang berbahasa china.

Baca juga: Mengatasi Oppo A37 Restart Terus.

Sekarang saya sudah paham kerusakan pada ponsel ini. Jika kalian mengalami Oppo A11w yang mati total atau hanya getar. Cobalah ikuti trik dari saya ini.

Cara Mengatasi Oppo A11w Mati Total

Cara ini tidak membutuhkan PC/Laptop dan tidak perlu membongkar perangkat. Seperti biasa, atasi masalah dengan cara yang sederhana terlebih dahulu. 

  1. Petama, lepaskan baterai lalu pasang kembali. Tujuannya untuk memastikan ponsel sudah benar-benar keadaan nonaktif.
  2. Tekan dan tahan Tombol volume bawah jangan dilepas.
  3. Masih dalam keadaan menekan tombol volume bawah, lalu hubungkan charger dengan ponsel. Ingat yah, sambungkan ponsel ke pengisi daya, bukan ke Laptop/PC.
  4. Tekan dan tahan terus volume bawah hingga ponsel menyala dan muncul logo Oppo.
  5. Lepaskan tombol jika sudah muncul logo, lalu ponsel akan masuk ke menu Recovery.

    Note: Beberapa ponsel mugkin ada yang hanya getar berulang kali. Tetapi Anda jangan panik. Jika tidak muncul logo Oppo dan hanya getar saja? Tahan saja terus Volume bawah hingga getar berulang kali. Jika dirasa sudah cukup lama, boleh lepaskan. Lepaskan juga baterai lalu pasang lagi. Lanjutkan dengan menekan kombinasi Tombol volume bawah dan Tombol power beberapa detik hingga muncul logo.

  6. Jika sudah masuk recovery, pilih bahasa English dengan mengunakan Tombol volume untuk memilih, dan Tombol power untuk OK/Yes.
  7. Lanjutkan untuk memilih “Wipe data and cache”.


  8. Terakhir, pilih Reboot dan tunggu proses booting selesai.

Setelah menyala, ponsel akan masuk ke menu SetUp atau penyiapan perangkat baru, karena habis diwipe data. Di sini saya anggap kalian pasti sudah paham. Namun jika kurang paham, silahkan bertanya di kolom komentar yah sob.

Demikian itulah cara mengatasi Oppo A11w matot/mati total. Semoga bermanfaat. Terimakasih.