Cara Membuat Charger Aki Menggunakan Trafo 15V & Kiprok Honda

Pada postingan kali ini saya mau membahas cara membuat charger aki motor menggunakan Trafo 15volt dan Kiprok Honda. Tutorial ini sudah saya praktekkan

Pada postingan kali ini saya mau membahas cara membuat charger aki motor menggunakan Trafo 15volt dan Kiprok Honda. Tutorial ini sudah saya praktekkan sendiri dan berhasil. Jadi buat kalian yang mau membuat charger aki sendiri, bisa coba ikuti tutorial ini.

Sebenarnya cara membuat charger aki sudah banyak disebarkan di internet, tetapi kali ini yang paling sederhana dan tentunya aman. Kalian tidak perlu menggunakan banyak komponen, hanya menggunakan Trafo 15V dan Kiprok honda. Kalian bisa ambil copotan kiprok dari motor sendiri atau minjem jika darurat.

Kiproknya pastikan masih hidup yah, silahkan cek dahulu menggunakan multitester.

Untuk trafo yang digunakan boleh yang CT atau Non CT. Usahakan ambil yang 15Volt dan ampernya 2 atau 5 amper terserah, lebih besar lebih cepat pengisiannya. 10 amper juga boleh, asalkan keluar tegangan 15volt jangan lebih. Untuk elco, saya tidak menggunakan elco, karena darurat. Hanya menggunakan Kiprok motor handa grand sebagai diode. Benar-benar sederhana kan?

Lebih jelasnya silahkan lihat gambar skema/rangkaiannya di bawah ini.

Skema Charger Aki Menggunakan Trafo 15V & Kiprok Honda

Di sini saya buatkan dua gambar skema yaitu pertama menggunakan trafo Non CT, dan kedua trafo CT. Kalian pasti bisa membuatnya karena ini sangat simpel.

1.Trafo Non CT

Skema charger aki trafo non CT


2.Trafo CT

Charger Aki trafo CT

Seperti itulah skemanya untuk membuat charger aki menggunakan trafo dan kiprok honda. Kalian bisa meniru gambar di atas sesuai jenis trafo yang kalian gunakan.

Berikut ini foto penampakannya yang sudah jadi. Mohon maaf agak berantakan, hehe.

Charger Aki Menggunakan Trafo 15V & Kiprok Honda

Untuk pengecesan menggunakan charger ini saya hanya mencoba 1 jam saja, dan motor sudah bisa di stater.

Karena saya tidak punya pengukur amper, jadi bisanya mengukur voltase saja. Lalu berapa volt untuk aki yang sudah penuh? Jika sudah mencapai 13,8 volt maka sudah waktunya dilepaskan dari pengisian.

Saya membuat sendiri seperti ini karena saya tidak ada dana buat beli charger aki atau pun menyewanya. Jadi buat kalian khususnya yang tidak punya biaya, semoga terbantu dengan adanya postingan saya ini.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Kipas Angin Macet Tapi Mesin Nyala.

Untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan di kolom komentar yah. Terimakasih.

Referensi: https://baharelectronic.com/2017/04/cara-membuat-charger-aki-motor.html
Saya senang menulis, menggambar, dan belajar otodidak.

Posting Komentar

Dilarang spam
© Pemalang Otodidak. All rights reserved. Developed by Jago Desain