Vivo Y12 Update Android 11

 Pada tanggal 18 Maret 2021, Vivo Y12 mendapat pembaruan untuk Android 11 (Vivo rev: 6.11.9), dengan size (3,79Gb).

Pada peluncuran awal Vivo Y12 ini dibekali dengan Android 9(Pie). Dalam berjalannya waktu, Vivo Y12 ini sering memberikan pembaruan system secara berkala, hingga sampai sekarang tulisan ini dibuat, Vivo Y12 telah memberikan update OS versi ke 11.

Saat ini Android 11 merupakan versi OS (Operating system) terbaru dari Google yang diberi nama Red Velvet Cake.

Dalam pembaruan ini, Vivo Y12 tentunya telah memberikan yang terbaik bagi penggunanya. 

Karena setiap pembaruan, pastinya ada hal baru yang diberikan. Dari segi tampilan, fitur, hingga performa yang lebih baik dari sebelumnya.

Berikut ini akan saya berikan review setelah pembaruan Vivo Y12 versi Android 11.

Vivo Y12 Update Terbaru Android 11

Setelah Vivo Y12 update Android 11, ada beberapa yang diperbarui dan ditingkatkan dari versi Android sebelumnya.

Apa yang baru?

1. Pusat pintasan, atau status bar bagian bawah


Untuk membukanya, seret ke atas dari bagian navbar atau bagian bawah navigasi layar. Dalam pusat pintasan ini terdapat tambahan beberapa ikon pintasan, modenya lebih lengkap dari sebelumnya. Selain itu, tampilannya juga agak sedikit transparan.

2. Status bar atas, atau Pusat notifikasi

Status bar atas, atau Pusat notifikasi

Pada pembaruan kali ini terdapat perubahan tampilan, yaitu Gelembung saat notifikasi masuk.

3. Fitur "Kesehatan Digital & Kontrol orang tua"

Fitur "Kesehatan Digital & Kontrol orang tua"

Ini merupakan salah satu pembaruan Fitur dari Vivo Y12 Android 11. Dimana pengguna dapat mengontrol penggunaan ponselnya sendiri. Di samping itu, bagi orang tua juga dapat mengontrol anaknya melalui Fitur ini, supaya lebih sehat dalam menggunakan perangkat digital ini.

4. Fitur "Multi Turbo"

Fitur "Multi Turbo"
Fitur Multi Turbo ini saya baru menemukan saat setelah pembaruan Vivo Y12 Android 11. Di dalam fitur ini memiliki banyak fungsi pengoptimalan, antara lain yaitu:
  • Mesin akselerasi inti sentral
  • Mesin akselerasi AI
  • Mesin akselerasi Jaringan
  • Mesin akselerasi game
  • Mesin akselerasi disipasi panas.
Anda bisa mengaktifkan fitur Multi Turbo ini pada bagian toggle "ART++ Turbo". Ketika fungsi ini diaktifkan, Aplikasi akan diluncurkan lebih cepat. Namun, fungsi ini memerlukan akses jaringan terkoneksi.

5. Pemindahan ikon-ikon status bar

Pemindahan ikon-ikon status bar

Ikon jaringan, Ikon Kecepatan jaringan, dan lainnya yang ada di status bar tampak ada perpindahan tata letak.

6. Tidak bisa mengakses folder data (Akses ditolak)

Android/data/akses ditolak


Setelah melakukan update Android 11, folder data yang berada di dalam folder Android (Ex: Android/data/) tidak dapat dibuka (Akses ditolak). Bahkan jika dibuka melalui Pengelola file, folder data ini tidak terlihat. Sepertinya memang aksesnya dibatasi. Bagaimana jika saya ingin membuka folder tersebut?

7. Tidak bisa kunci jaringan LTE Only

Setelah update Android 11, Vivo Y12 rupanya kini tidak lagi bisa kunci jaringan atau Lock LTE only. Namun, saya sudah menemukan cara alternatifnya. Silahkan baca cara lock 4G LTE Only di Vivo Y12 Android 11.


Dari segi system, kini Vivo Y12 sudah tidak ketinggalan fitur lagi dari Android lain karena telah mendapatkan update ke Android 11 yang sekarang paling terbaru.


Kesalahan/BUG Setelah update Android 11 VIVO Y12

Di dalam fitur baterai terdapat menu > Kontrol pemakaian daya, di bawah itu ada opsi > "Peringakat konsumsi baterai".
Lihat gambar:
Kesalahan pada penulisan kata peringakat Vivo Y12

Saya tidak maksud dengan kata "Peringakat" itu, apakah sebenarnya Peringkat, atau Peringatan? Sepertinya itu kesalahan menulis.

Update info: Setelah penggunaan lebih lanjut, ditemukan beberapa masalah atau BUG. Untuk mengetahui selengkapnya, silahkan baca Cara mengatasi BUG pada Vivo Y12 setelah update Android 11.

Baiklah, mungkin segitu saja yang bisa saya bagikan ke teman-teman kali ini. Jika teman-teman ingin mencicipi pembaruan ini, silahkan perbarui sekarang. Agar Vivo Y12 kalian memiliki fitur dan performa yang lebih Optimal.

Terima kasih kepada pengembang perangkat Android 11 yang telah memberikan yang terbaik kepada pengguna, dan juga kepada Vivo yang selama ini bersama kami.

Bagikan