Mengatasi Bug VIVO Y12 Setelah Update Android 11

Screenshoot vivo Y12 Android 11

 Pada kesempatan yang berbahagia ini, waduh berbahagia, 😄. Saya akan membagikan tutorial nih buat kalian pengguna Vivo Y12, khususnya yang sudah update ke versi Android 11 (Vivo rev: 6.11.9).

Di pembaruan pertama Android 11 ini, Vivo Y12 terdapat banyak BUG atau error kesalahan system. Ya, wajar saja mungkin karena ini masih awal, anggap saja "beta version."

Sabar, karna ini bukan yang terakhir, lain waktu pasti akan ada pembaruan lagi untuk penyempurnaan. 

Namun sebelum itu, kita masih bisa mengatasi beberapa BUG di Vivo Y12 ini, dengan melakukan pengoptimalan sendiri melalui beberapa saran yang akan saya bagikan di bawah ini.

Mengatasi BUG di VIVO Y12 Setelah Update Android 11

Tentang ponsel: Vivo Y12 Versi Androd 11



1. Masalah Aplikasi Sering Keluar Sendiri (Force Close)

Pada VIVO Y12 Android 11 ini ada BUG yang mana saat kita mau membuka aplikasi, dia akan keluar sendiri. 

Penyebabnya adalah: Beberapa Aplikasi memang ada yang belum support di Android 11. Sedangkan Aplikasi yang Anda gunakan masih sejak menggunakan OS 9 (Pie). Itu yang menyebabkan Aplikasi keluar sendiri setelah update Android 11.

Cara mengatasinya: Silahkan lakukan pembaruan Aplikasi di Playstore, untuk Aplikasi yang Force close tersebut. Dan bila perlu, update juga semua Aplikasi yang membutuhkan pembaruan atau sudah tersedia updetannya.

2. Tidak Bisa Kunci Jaringan LTE Only

Setelah update Android 11, Vivo Y12 rupanya kini tidak lagi bisa kunci jaringan atau Lock LTE only menggunakan kode *#*#4838#*#*. Namun, saya sudah menemukan cara alternatifnya. Silahkan baca cara lock 4G LTE Only di Vivo Y12 Android 11.


3. Masalah Ikon Sinyal 4G Hilang

Di Vivo Y12 ada BUG setelah update Android 11 yang mana ikon 4G tidak muncul, dan malahan munculnya 5G di sebelah kanan atas. Toh padahal di spesifikasi aslinya 4G. 

Tapi tenang, itu hanyalah kesalahan ikon saja.

Cara mengatasinya: Ganti ke tema default atau tema bawaan. Setelah itu hidupkan ulang perangkat.


4. Masalah Pop-up Pada Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Setelah Vivo Y12 di update Android 11, ada masalah pada notifikasi pop-up Aplikasi Whatsapp. Sebenarnya ini bukanlah BUG, melainkan fitur ini memang tidak support atau belum tersedia dengan versi Android terbaru.

Pop-up pada notifikasi Whatsapp tidak muncul


Perlu diingat: Notifikasi pop-up Whatsapp saat ini hanya support di Android 9 (pie) atau di bawahnya.

Jadi untuk mengatasi masalah tersebut, harap tunggu saja pembaruan dari Whatsapp sendiri, agar nanti benar-benar support semua fitur pada Android 11.


5. Masalah Sinyal SIM Hilang

Masalah sinyal hilang setelah update Android 11

Ada masalah lagi di Vivo Y12 Android 11 yang membuat user sangat panik, yaitu signal sim tidak muncul atau hilang. 

Penyebabnya adalah: Ketika sedang melakukan Update Android 11, kartu sim dalam kondisi dinonaktifkan, alhasil kartu sim tersebut kelock atau kekunci. Tapi tenang saja, itu yang kekunci hanyalah kartunya, bukan slot sim atau radio signalnya.

Cara mengatasinya: Ganti kartu sim baru pada SIM1/SIM2 yang sinyalnya hilang tersebut.


6. Aplikasi Hilang Tapi di PlayStore Masih Ada

Aplikasi hilang tapi di Play Store masih ada.


Rupanya setelah update, ada masalah lain yaitu (Aplikasi hilang, tetapi di Play Store masih ada). Ini merupakan tambahan dari seorang pengguna situs ini yang mengontak saya. Yang dimaksud dia mungkin (Aplikasi hilang dari beranda, tetapi kalau dilihat di Play Store masih (Terinstall)). Baiklah saya akan memberikan saran untuk Anda terkait masalah tersebut.

Penyebabnya adalah: 

  • Beberapa Aplikasi mungkin belum didukung untuk Android 11. 
  • Ada BUG sendiri pada Aplikasi tersebut yang membuat ICON Aplikasi hilang atau tidak tampil.
  • BUG pada Tema atau Launcher yang Anda gunakan juga bisa menjadi penyebab terkait masalah itu.

Cara mengatasinya: 

  1. Lakukan instal ulang Aplikasi yang hilang tersebut (Uninstal lalu instal lagi). Setelah itu, restart ponsel Anda. Jika belum berhasil? Lakukan cara ke2.
  2. Ubah Tema ke default sistem, lalu restart ponsel Anda.
  3. Reset Pengaturan atau Kembali ke Pengaturan pabrik. Ingat! Ini hanya Pengaturan yang direset, bukan menghapus seluruh data. Sikahkan Baca cara reset pengaturan pabrik di Vivo Y12 yang aman.


7. Ikon Notifikasi Tidak Muncul di Status Bar (Bilah atas)

Setelah update Android 11, saya tidak melihat ikon notifikasi aplikasi di Status bar. Saat ini belum ditemukan cara yang pasti. Namun jika anda tetap ingin supaya ikon notifikasi terlihat di Status bar? Berikut ini akan saya berikan Penyebab dan Cara alternatifnya, agar "ikon notifikasi" muncul di Status bar.

Penyebabnya: "Status bar" mungkin kehabisan ruang untuk menampilkan ikon notifikasi aplikasi, hanya bisa menampilkan ikon-ikon pada ruang/letak yang sudah ditentukan.

Cara Alternatif:

  • Gunakan hanya satu SIM saja, jangan Dual SIM. Silahkan nonaktifkan salah satu SIM yang sekiranya tidak terlalu penting.
  • Buka Pengaturan ⚙️ > Kartu ganda dan jaringan seluler > Pilih SIM1 atau SIM2 yang akan dinonaktifkan, lalu nonaktifkan kartu SIM dengan mengetuk sakelar 👉 pada Aktifkan kartu SIM
  • Selesai.
Ikon notifikasi sudah muncul - Vivo Y12 Android 11.
Gambar: Ikon notifikasi sudah muncul - Vivo Y12 Android 11.


Dengan cara menonaktifkan salah satu SIM, ikon notifikasi di Status bar langsung muncul, karena sudah ada ruang yang tersedia untuk menampilkan ikon notifikasi.


Itulah beberapa BUG di Vivo Y12 setelah update ke Android 11 dan tutorial mengatasinya. Demikian apa yang sudah saya bagikan di atas, semoga membantu kalian semua.

Mungkin ada lagi BUG lainnya yang belum saya temukan.

Jika diantara kalian ada yang menemukan masalah atau BUG lainnya pada Vivo Y12 Android 11 ini, yang belum tertulis di atas, mohon tuliskan di komentar yah, siapa tau saya bisa bantu, dan supaya pengguna lain juga tau. Terima kasih.

Baca juga: