Cara Mengatasi Lemot Vivo Y12 Android 11

 Selamat datang di blog Pemalang Otodidak, apa kabar sobat semua. Semoga masih dalam keadaan sehat walafiat dan lancar rejekinya, amin.

Pada artikel yang saya tulis ini, saya akan membahas cara atasi Vivo Y12 yang lemot setelah update Android 11.

Lemot atau gagap yang terjadi pada Vivo Y12 ini tentu membuat pengguna merasa tidak nyaman, beberapa pengguna ada yang puas dan ada juga yang kecewa karena ponsel yang awalnya baik-baik saja, kini setelah update justru malah lemot.

Harap diperhatikan: Artikel ini hanya bertujuan memberikan tips dan saran. Tidak sedikitpun menjerumuskan, atau pun menyuruh pengguna agar tidak melakukan update Android 11. Tetaplah lakukan update karena setiap orang punya cara kepuasan tersendiri.

Tahukan kalian, kenapa Vivo Y12 lemot setelah update Android 11?

gambar bekicot berjalan lambat
(Gambar Siput hanya ilustrasi)

Di bawah ini akan saya bagikan penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Lemot Vivo Y12 Setelah Update Android 11

Tidak dipungkiri kalau teknologi makin kesini semakin dikembangkan serasa tak ada puasnya dan tak ada habisnya. 

Bagaimana tidak? Vivo sendiri terus menerus mengeluarkan produk barunya dan dari Developernya pun terus memberikan Update, dengan tujuan untuk memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi pengguna.

Memang benar, kita mendapat pengalaman baru dari sekian banyak update tersebut. Tapi, di balik pembaruan Android 11 pada Vivo Y12 ini, terdapat kekurangan yang membuat banyak pengguna menyesal karena update.

Masalah besarnya yaitu Lemot, seperti keberatan pengoperasian sistem.

Dikarenakan Android 11 lebih banyak fitur, lebih banyak pula sumber daya yang dihabiskan dan RAM yang terpakai oleh sistem juga lebih besar. Itulah mengapa Vivo Y12 lemot setelah update.

Bagi kalian yang merasa Vivo Y12 lemot?Kalian bisa melihat sendiri pada opsi "RAM & Ruang penyimpanan" di ponsel kalian. Lihat berapakah RAM yang tersedia? Pastinya rata-rata kurang dari 1GB. Di ponsel saya sendiri juga 0,9 hingga 1,03GB free.

Itu belum digunakan untuk bermain game, atau buka sosmed. Kalau buat ngeGame, mungkin lebih kecil RAM yang tersedia.

Game-game sekarang membutuhkan kapasitas RAM yang besar, sedangkan Vivo Y12 ini RAMnya semakin sempit setelah update.

Karena itulah Vivo Y12 lemot setelah update Android 11. Jadi, "Semakin tinggi versi OS yang digunakan, maka membutuhkan spesifikasi hardware yang lebih tinggi juga." Logikanya seperti itu.


Cara Mengatasi Lemot Vivo Y12 Setelah Update Android 11

Apakah ada cara mengatasi lemot untuk Vivo Y12 ini? Sebenarnya ada, tapi entah ini work buat kalian atau tidak. Saya hanya bisa memberikan tips/saran yang bisa kalian coba sendiri.

Berikut ini caranya:

  1. Jangan kebanyakan memasang Aplikasi, sebaiknya gunakan yang sangat penting saja, atau hapus Apk yang menghabiskan banyak sumber daya.
  2. Kurangi penggunaan Tema, Wallpaper live dan Font pihak ketiga, karena terlalu banyak gaya tampilan, membuat kinerja perangkat terkuras lebih banyak.
  3. Jika Anda mengutamakan kinerja yang baik agar tidak lemot, maka gunakanlah perangkat sehemat mungkin.
  4. Selalu pantau kesehatan dan keamanan perangkat pada iManager. Buka iManager di perangkat Vivo, lalu ketuk Optimalkan.

    iManager vivo


Untuk mengatasi jaringan lemot:

Pilih (Jangan kontrol) jaringan.

Setelan ini ada di Pengaturan ⚙️ >> Kartu ganda dan jaringan seluler >> SIM1/SIM2 >> Kontrol jalur jaringan >> Jangan kontrol.

Dengan cara Jangan kontrol jaringan,  kemungkinan jaringan akan berada pada status kinerja tinggi untuk waktu yang lama, ini akan mengonsumsi daya baterai lebih tinggi. 

Untuk mengatasi masalah lainnya, silahkan baca Mengatasi BUG VIVO Y12 setelah update Android 11.

Demikian itulah tips dan saran yang saya berikan, untuk mengatasi lemot pada Vivo Y12 Android 11.

Mungkin cukup sampai di sini sudah bisa dipahami ya. Silahkan mencoba semoga berhasil. Jika tidak berhasil atau masih lemot, saatnya beli smartphone baru, 😁 hehehe.