Cara Mengatasi Kartu SD Tiba-tiba Dicabut

Jika kalian tidak melepas Kartu SD tetapi sering muncul notifikasi "Kartu SD tiba-tiba dicabut?" Hal itu bisa saja Kartu SD kalian rusak.
notif Kartu SD Tiba-tiba Dicabut

 Kartu SD merupakan alat kecil yang mampu menyimpan banyak data pada smartphone, seperti foto, video dan file-file lainnya.

Kualitas maupun kinerja dari kartu SD tentulah berbeda-beda pada setiap merek yang beredar. Usia pakai juga pastinya tak sama.

Setiap kartu SD suatu saat akan mengalami kerusakan, seperti pada artikel yang saya bahas ini, yaitu mengatasi Kartu SD tiba-tiba dicabut.

Jika kalian tidak melepas Kartu SD tetapi sering muncul notifikasi "Kartu SD tiba-tiba dicabut?" Hal itu bisa saja Kartu SD kalian rusak. Atau bisa juga Slot SDcard (Tempat kartu SD) rusak.

Baca juga: Merubah kartu SD menjadi internal

Apa yang perlu saya lakukan jika itu terjadi? Di bawah ini akan saya bagikan beberapa caranya.

Cara Mengatasi Kartu SD Tiba-tiba Dicabut

  1. Lepaskan Kartu SD dan bersihkan pada bagian kuningannya menggunakan penghapus pensil.
  2. Pasangkan kembali Kartu SD ke ponsel dan setelah itu nyalakan ulang ponsel.
  3. Cobalah pinjam Kartu SD milik teman, bila tidak lagi bermasalah, berarti kartu SD Anda yang rusak.
  4. Pasangkan Kartu SD Anda ke ponsel lain, jika di ponsel lain tidak bermasalah, artinya Slot Kartu SD di ponsel Anda yang rusak.
  5. Format/Hapus semua data pada kartu SD, namun sebelum melakukan format alangkah baik cadangkan data penting Anda terlebih dahulu.
  6. Terakhir jika dengan cara di atas tidak berhasil, ganti dengan Kartu SD yang baru.
  7. Selesai.


Dengan melakukan cara di atas, masalah kartu SD tiba-tiba dicabut kini sudah beres.

Baca juga: Tips Membeli Sd Card Sandisk Original

Demikian tutorial yang saya bagikan ini, semoga dapat membantu kalian yang mengalami hal serupa. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya. Di bawah tersedia kolom komentar.

Terima kasih.

Baca juga: Cara Nonton Youtube Sambil Membuka Aplikasi Lain

Saya senang menulis, menggambar, dan belajar otodidak.

2 komentar

  1. Ijin bertanya, gima kita mau cadangan data sedang kan kartu tiba tiba di cabut dan tidak muncul di galeri foto dan video yang sudah di masukan ke kartu sd ? Tolong jawab ya plis soalnya banyak data penting
    1. Masukin ke card reader dan pasangkan di pc, kalo masih terbaca silahkan salin data2nya lalu format kartu sd lewat pc/laptop. Kalo rusaknya udah parah dipasang di mana pun nggak kebaca. Tapi coba dulu dibersihkan bagian kuningannya pakai penghapus pensil/minyak kayu putih.
Dilarang spam
© Pemalang Otodidak. All rights reserved. Developed by Jago Desain