Kenapa Membuka Voice Note WA Layar Mati

voice note wa

Hallo sob, selamat datang di blog Pemalang Otodidak. Pada kesempatan yang indah ini, saya akan membagikan sebuah tutorial. Tutorial cara mengatasi Voice Note WA ketika dibuka layar mati.

Terutama ini untuk ponsel Android, dimana saat membuka atau mengklik Voice Note tiba-tiba layar hp langsung mati. Normalnya, layar akan mati hanya ketika layar didekatkan atau ditempelkan ke telinga Anda sambil mendengarkan Voice Note.

Karena dibagian atas layar smartphone terdapat sebuah sensor proximity yang bertujuan untuk mematikan layar ketika layar mendekati telinga, sehingga tidak terjadi layar tersentuh-sentuh sendiri. Benda ini terletak dibalik layar, biasanya di sebelah speaker telpon atau di area kamera depan. Jika bagian sensor tersebut tertutup oleh benda dalam jarak dekat, maka layar ponsel akan mati saat Anda mendengarkan panggilan dan Voice Note.

layar mati saat voice note dan telpon

Baca juga: Folder WA Hilang Dari Internal dan Galeri.

Nah di sini Anda sudah paham mengenai sensor Proximity. Sekarang, masalahnya sudah ketemu. Ternyata sensor Proximity yang bermasalah membuat layar mati saat mendengarkan Voice Note WA. Oke, mari kita lanjut ke tutorial mengatasinya.

Mengatasi Layar Mati Saat Membuka Voice Note WA

Dikarenakan sensor proximity bermasalah, maka yang harus Anda lakukan adalah cek sensor proximity.

  • Bersihkan bagian luar dan dalam area sensor proximity apa bila terdapat kotoran yang menghalang.
  • Pastikan saat memasang LCD & Touchscreen tidak ada lem yang menutupi sensor proximity.
  • Pastikan pemasangan LCD & Touchscreen presisi.


Dengan melakukan cara seperti di atas, biasanya berhasil. Karena saya sendiri sering menangani kasus demikian. Memang sensor proximity ini terlihat sepele, namun jika bermasalah maka dampaknya berpengaruh ke Panggilan dan Voice note. Jika dibirakan tentu akan mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Mungkin cukup sampai di sini sudah paham ya, demikian artikel yang saya bagikan semoga berguna untuk kalian semua. Terimakasih.


Bagikan Ke: