Cara Mengaktifkan Auto Save AI

Kegunaan fitur simpan otomatis di Adobe illustrator yaitu untuk berjaga-jaga agar saat aplikasi tertutup secara tiba-tiba maka kita bisa memulihkannya
Auto Save Adobe illustrator

 Adobe illustrator (AI) sudah menyediakan fitur auto save atau simpan otomatis. Awalnya saya tidak peduli dengan fitur ini, tetapi karena saya mengalami sendiri, ketika saya sedang membuat karya vector, dan itu hampir selesai, eh.. tiba-tiba mati lampu. Alhasil ngulang lagi deh dari awal. 😢.

Bagi kalian yang belum tahu apa kegunaan fitur Auto save?

Kegunaan fitur simpan otomatis di Adobe illustrator yaitu untuk berjaga-jaga agar saat aplikasi tertutup secara tiba-tiba maka kita bisa memulihkannya.

Fitur ini wajib kalian aktifkan, teruntuk kalian yang menggunakan perangkat PC/Komputer, sebab jika tidak, kalian akan kehilangan projek yang sedang dibuat apa bila terjadi mati lampu/pemadaman listrik. Selain listrik padam, terkadang program bisa saja terjadi crash atau not responding.

Nah, dengan adanya fitur auto save di Adobe illustrator ini sangat membantu kita agar tidak terjadi hal-hal yang tak terduga itu.

Cara Mengaktifkan Auto Save di Adobe Illustrator

  1. Pertama klik menu Edit.
  2. Klik opsi "Preferences" yang ada di paling bawah.
  3. Klik "File Handling & Clipboard".


  4. Berikan centang pada "Automatically Save Recovery Data Every:"


  5. Pada bagian (Minutes) Masukkan waktu berapa menit Anda ingin auto save bekerja. Contoh: Jika saya mengisi (10 minutes), maka setiap 10 menit akan otomatis tersimpan.
Selesai. Kini Anda tidak perlu lagi khawatir kehilangan data projek yang sedang dibuat di Adobe illustrator. Jika komputer mati atau aplikasi keluar secara tiba-tiba, file projek akan otomatis dipulihkan ketika Anda membuka Adobe illustrator.

Baca juga: Cara Menyimpan Hasil Edit Adobe Illustrator Sesuai Canvas/Artboard.

Catatan: Anda tidak perlu khawatir terlalu banyak file yang dicadangkan, karena fitur auto save ini bekerja dengan cara mereplace file lama dengan yang baru.

Itulah cara mengaktifkan fitur Auto Save di Adobe illustrator. Sekian dan terimakasih.

Saya senang menulis, menggambar, dan belajar otodidak.

Posting Komentar

Dilarang spam
© Pemalang Otodidak. All rights reserved. Developed by Jago Desain